Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2012, 07:11 WIB

KOMPAS.com - Para ilmuwan terus menciptakan robot-robot pintar untuk membantu kehidupan manusia. Di rumah sakit Daisy Hill, County Down, Irlandia Utara, para pasien yang membutuhkan perawatan intensif akan dipantau lewat robot. "Telepresence" robot memudahkan para dokter memeriksa sekaligus berinteraksi di rumah sakit dengan pasien perawatan intensif di lokasi berbeda.

Seperti dikutip dari laman BBC, Selasa (21/8/2012), kecanggihan teknologi robot di bidang kesehatan ini merupakan yang pertama di Inggris. Menteri Kesehatan, Pelayanan Sosial serta Keamanan Publik Irlandia Utara, Edwin Poots mengatakan teknoligi mutakhir ini akan menciptakan jaringan rumah sakit yang efektif.

Robot ini dilengkapi kemampuan mengirim suara jantung dan bunyi napas. Dalam beberapa kasus, perlengkapan ini sangat membantu pasien yang sangat butuh perawatan lebih intensif.

Dr. Charles McAllister, yang berada di rumah sakit Craigavon di County Amargh dengan mudah seolah dapat berbicara langsung di samping tempat tidur pasien yang dirawat di pusat pelayanan kesehatan Southern Trust di Newry, yang jaraknya sekitar 20 mil.

"Walaupun baru ada perawatan intensif di Daisy Hill, robot ini akan ada di Craigavon yang memberikan saran dan dukungan bagi pasien perawatan intensif selama 7 hari 24 jam," katanya.

Dengan robot, dokter dan tenaga medis bisa mendapatkan sejumlah informasi. Dokter juga bisa mendapatkan informasi setiap menit dari monitor, melihat pasien dari dekat beserta semua grafik dan pengamatan, meski sebenarnya ia tidak berada di sana.

"Robot ini dilengkapi pula fasilitas untuk melihat paru-paru pasien lewat stetoskop pada bagian belakang," ujarnya.

Dr. Shane Moan dari Daisy Hill mengatakan, robot ini memberi manfaat nyata bagi para pasien yang butuh perawatan intensif dengan mudah. Hal ini tidak jauh berbeda dari memiliki dokter sungguhan di samping tempat tidur. Alat ini tetap mengandalkan pada keahlian, ketrampilan, dan pengetahuan akan perawatan intensif.

Fasilitas baru ini resmi dibuka pada Senin (20/8/2012). Teknologi baru ini dimaksudkan untuk mempermudah pelayanan kesehatan masyarakat. Pelayanan jaringan rumah sakit yang efektifa dan teknologi inovatif merupakan kunci pelayanan masa depan kesehatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com