Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2013, 13:03 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com - Olahraga teratur tidak hanya menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan penyakit-penyakit degeneratif lainnya. Sebuah studi baru menemukan, aktivitas olah fisik juga dapat menekan risiko hilangnya kemampuan indera penciuman karena usia tua.

Studi tersebut melibatkan 1.600 orang yang berusia 53-97 tahun yang tidak mengalami gangguan penciuman apapun saat studi dimulai. Para peneliti kemudian mengikuti peserta hingga 10 tahun kemudian.

Selama periode studi, mereka melakukan tes penciuman pada peserta sebanyak tiga kali. Mereka menggunakan delapan wewangian, termasuk cokelat dan kopi. Peneliti juga meminta peserta melaporkan kebiasaan berolahraga mereka.

Setelah periode studi berakhir, peneliti menemukan, sebanyak 28 persen peserta mengalami gangguan penciuman. Mereka pun menyimpulkan, ada kaitan antara kebiasaan berolahraga dan kemampuan indera penciuman, bahkan setelah disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin.

Studi yang dipublikasi dalam jurnal JAMA Otolaryngology-Head & Neck Surgery tersebut menemukan, peserta yang melaporkan melakukan olahraga minumal seminggu sekali cenderung memiliki risiko yang lebih kecil mengalami gangguan penciuman di kemudian hari.

"Semakin banyak orang berolahraga, semakin rendah risiko gangguan penciumannya," ungkap para peneliti.

Kemampuan penciuman memiliki banyak kegunaan, antara lain membantu mengenali senyawa kimia beracun dan menambah cita rasa makanan. Kemampuan tersebut dapat menurun seiring bertambahnya usia. Terkait jenis kelamin, risiko pria untuk mengalami penurunan kemampuan penciuman lebih tinggi dibanding wanita.

Studi menemukan sekitar 25 persen peserta yang berusia 53 tahun atau lebih sudah mulai terkena gangguan penciuman. Selain usia, faktor risiko dari gangguan ini yaitu merokok dan memiliki polip hidung.

Belum jelas bagaimana olahraga dapat menjaga kemampuan penciuman. Namun para peneliti berpendapat, aktivitas ini memperbaiki fungsi otak dan kesehatan secara keseluruhan, sehingga juga memperbaiki kinerja indera pencium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com