Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2014, 10:48 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com
— Saat ingin memulai diet untuk lebih sehat dan langsing, satu hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi lebih banyak serat. Banyak studi menunjukkan, serat dapat membantu mengurangi berat badan dengan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Berikut lima fakta serat yang perlu Anda ketahui serta cara untuk menambahkan lebih banyak serat pada diet.

1. Kebanyakan orang tidak konsumsi cukup serat

Untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat, para ahli gizi menyarankan rata-rata orang dewasa perlu mengonsumsi 25 gram serat makanan setiap harinya. Sayangnya, kebanyakan orang belum mencukupinya, rata-rata mereka hanya makan 15 gram.

2. Air sangat diperlukan agar serat bekerja dengan baik

Kunci untuk meningkatkan konsumsi serat adalah dengan menambahkan makanan berserat dalam diet secara bertahap untuk membuat Anda tetap merasa nyaman dengan makanan yang dimakan. Namun, yang paling penting adalah Anda perlu konsumsi cukup air. Pasalnya, serat tidak dapat bekerja dengan baik tanpanya.

3. Ada dua jenis serat

Serat terdiri dari dua jenis, yaitu serat larut dan tidak larut air. Keduanya perlu dikonsumsi untuk hasil yang terbaik. Dokter spesialis gizi klinik Samuel Oetoro mengatakan, serat larut air didapatkan dari batang tanaman hijau. Selain itu, serat larut banyak ditemukan di kacang almond, oat, brokoli, wortel, serta buah-buahan, seperti berry, pisang, apel, dan pir.

Sementara itu, serat tidak larut air didapatkan dari beberapa jenis makanan, seperti gandum utuh, biji-bijian, daun-daunan hijau, serta buah, seperti alpukat, kiwi, dan tomat.

4. Jus tidak sama dengan buah segar

Meski mengandung lebih banyak air, kandungan serat jus dengan buah segar tidak sama. Buah mengandung lebih banyak serat dibandingkan dengan jus. Salah satu cara untuk menambahkan lebih banyak serat ke dalam diet adalah dengan membuat buah menjadi minuman smoothies. Pasalnya, minuman ini tidak menghilangkan serat pada buah. Ditambah lagi, Anda bisa memasukkan kulit buah yang bisa dimakan karena bagian itu biasanya paling banyak mengandung serat.

5. Pastikan tiap sajian makan mengandung 5 gram serat

Supaya kebutuhan serat tubuh tercukupi tetapi tetap nyaman menyantap makanan, maka pastikan Anda memasukkan serat dalam sajian makan Anda paling tidak 5 gram per sajian. Sebagai contoh, menambah salad bayam dengan sayur-sayuran segar lainnya akan memberikan Anda lebih banyak serat dalam satu sajian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com