Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2014, 10:49 WIB
Tanya:
Mohon penjelasan dokter, anak saya usia tiga tahun memiliki masalah dengan pencernaan. Dari usia 1,8 tahun memiliki asam lambung tinggi. Saya khawatir karena belakangan setiap kali makan, baru beberapa sendok, selalu ingin muntah dan mengeluh sakit perut. Kira-kira makanan apa yang harus diberikan atau tidak boleh dimakan anak saya?
Indah Rianto, Pekanbaru

Jawab:
Ibu Indah yang baik,
Masalah makan pada anak seusia si kecil dapat saja disebabkan oleh kelainan fungsi sistem pencernaan seperti aliran balik makanan dari lambung ke atas (refluks gastroesofagus/Gastroesophageal Reflux-GER). Ini memang terlebih dahulu harus dibuktikan secara klinis, di antaranya dengan pemeriksaan pH metri, gangguan absorbsi/penyerapan makanan, atau mungkin hanya masalah psikologis.

Seusia si kecil (2-3 tahun ke atas) dapat mengalami apa yang disebut sebagai pemilih jenis makanan tertentu (picky eater) sehingga apabila ia diberikan makanan tertentu ia seperti “menolaknya” dengan cara ingin mual/muntah, mengeluh sakit perut dan sebagainya.

Sebaiknya ibu membawanya ke dokter untuk dievaluasi kondisinya agar dapat dilakukan pendekatan yang tepat untuk menangani kondisinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com