Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/05/2014, 10:36 WIB


KOMPAS.com -
Di era modern seperti sekarang ini, peran wanita tidak terbatas dalam keluarga saja, namun juga dapat berperan dalam kehidupan bermasyarakat. Meski demikian, setinggi apa pun peran wanita di masyarakat, wanita tetap berperan penting dalam keluarga terlebih bagi mereka yang sudah berkeluarga. Oleh karena itu, kesehatan wanita menjadi sangat penting untuk diperhatikan.

Kesehatan wanita adalah sumber kebahagiaan keluarga. Apabila kesehatan wanita terganggu, maka aktivitas dalam keluarga pun akan terganggu. Jika aktivitas dalam keluarga terganggu, maka misi keluarga untuk membentuk generasi penerus dan keluarga berkualitas pun akan terganggu.

Sebaliknya, kesehatan keluarga juga dapat mempengaruhi kualitas hidup wanita. Jika ada salah seorang anggota keluarganya menderita sakit maka aktivitas wanita terganggu dan kualitas hidupnya menjadi tidak optimal. Meskipun upaya untuk menciptakan kesehatan keluarga adalah tugas semua anggota keluarga, namun ibu memiliki peran utama. Oleh karena itu, untuk membangun keuarga yang hebat diperlukan ibu yang sehat, berpengetahuan luas, cerdas dan terampil mengelola kesehatan diri dan keluarganya.

Kesehatan keluarga sendiri dapat diartikan sebagai keadaan sehat fisik, jasmani dan sosial dari setiap individu yang terdapat dalam satu keluarga. Setiap anggota keluarga akan saling mempengaruhi untuk mencapai status kesehatan keluarga yang optimal. Kesehatan keluarga bukan merupakan suatu hal yang dapat dicapai secara tiba-tiba pada waktu tertentu, namun dibutuhkan suatu proses dinamis yang terkait dengan perilaku keseharian seperti kebiasaan mencuci tangan, konsumsi makanan bergizi dan vitamin, istirahat yang cukup, menghindari stres, rutin berolahraga, dan satu hal yang tak kalah pentingnya yaitu check up kesehatan secara berkala.

Check up kesehatan sangat diperlukan agar kita selalu waspada jika ada tanda-tanda penyakit, karena jika sudah menjadi parah seringkali dapat menyebabkan kecacatan maupun kematian. Dengan check up kesehatan secara berkala, penyakit yang berpotensi membahayakan kesehatan keluarga tersebut akan lebih mudah untuk ditangani dan tidak akan sampai mengancam kehidupan anggota keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com