Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2014, 14:48 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Bagi sebagian wanita, sindrom pramentruasi (PMS) mungkin menjadi masa-masa paling menyiksa setiap bulannya. Nyeri, kram, kembung, hingga gangguan mood mungkin akan menimpa wanita di waktu PMS datang.

Di sisi lain, biasanya nafsu makan wanita menjadi meningkat saat PMS. Maka tidak heran, bila keinginan untuk makan makanan yang berlemak tinggi bertambah. Padahal sebetulnya saat PMS, wanita lebih membutuhkan asupan bernutrisi untuk meredakan gejala-gejala yang mengikutinya.

Berikut makanan yang perlu dimakan wanita untuk meredakan nyeri PMS.

1. Salmon
Salmon dan ikan berlemak lain merupakan sumber asam lemak omega-3 yang tidak hanya memiliki manfaat kesehatan, tetapi juga meredakan nyeri PMS. Dalam sebuah studi dalam jurnal Obstetricians and Gynecology disebutkan, wanita yang mengasup 6 gram minyak ikan setiap harinya mengalami penurunan nyeri PMS yang signifikan.

2. Brokoli
Sayuran hijau mengandung kadar serat yang tinggi sehingga dapat mengurangi kembung. Brokoli juga kaya kalsium, vitamin A, C, B6, dan E, potasium, dan magnesium, nutrisi yang membantu mengurangi gejala PMS. Ini karena nutrisi tersebut mempengaruhi aktivitas estrogen dalam tubuh.

3. Pisang dan biji labu
Pisang lebih dikenal sebagai buah sumber potasium, namun ternyata buah ini juga mengandung magnesium dalam jumlah yang cukup tinggi. Selain itu, pisang juga mengandung melatonin yang membantu tubuh meregulasi ritme biologis dan membuat tidur nyenyak. Sementara biji labu dapat membantu mengurangi gangguan mood karena kandungan magnesiumnya.

4. Susu rendah atau tanpa lemak, dan telur
Kalsium dan vitamin D merupakan kombinasi yang mampu meredakan gejala PMS. Sebuah studi dalam jurnal Archives of Internal Medicine menemukan, konsumsi kalsium dan vitamin D dalam jumlah besar dapat mengurangi risiko PMS. Peneliti merekomendasikan untuk mengonsumsi susu rendah lemak, jus jeruk, dan produk susu rendah lemak seperti yogurt sebanyak total empat sajian per hari untuk mendapat asupan kalsium dan vitamin D yang cukup.

Vitamin D dan kalsium berperan membuat otot rileks sehingga baik untuk meredakan gejala PMS. Selain dari produk susu, kalsium juga banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau, keju, almond, dan kedelai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com