Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2014, 15:32 WIB


TANYA:

Anak saya berumur 11 bulan dengan perkembangan motorik normal. Giginya sudah tumbuh 5 dan ia juga mulai berjalan bertatih-tatih. Cuma saja anak saya tergolong kurus. Tinggi badannya 71 dan beratnya 7 kg. Saya jadi risau takutnya anak saya gizi buruk. Saya ingin bertanya dok, sebenarnya bagaimana kriteria anak yang dikatakan sehat dan cerdas itu. Terima kasih.
 
Adisti, Medan

JAWAB :

Berat badan ideal saat ini untuk si kecil adalah sekitar 9-9,5 kg. Asupan nutrisi/makanan yang optimal penting bagi pertumbuhan dan perkembangan yang normal. Kriteria sehat dan cerdas bagi seorang anak secara umum adalah anak yang tumbuh dan berkembang optimal, yaitu sehat secara fisik (berat badan dan tinggi badannya sesuai dengan usianya), perkembangan motorik, kognitif dan psikologisnya sesuai dengan tingkat perkembangan yang harus dicapai sesuai dengan usianya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com