Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2014, 10:06 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
– Masalah kesehatan tak hanya terjadi pada orang tua. Anak-anak pun harus diberi jaminan kesehatan. Lippo melalui Lippo Insurance dan Siloam Hospitals Group meluncurkan jaminan kesehatan, MediPlus dengan paket hemat untuk keluarga.

Dengan Rp 7,98 juta per tahun, bapak, ibu, dan dua anak sudah mendapat jaminan kesehatan MediPlus di Rumah Sakit (RS) Siloam dan rumah jaringan MediPlus. Jika ingin menambah jumlah anak, biayanya Rp 1 juta per tahun .

Presiden Direktur Lippo Insuraance, Agus Benjamin mengatakan pihaknya telah meyiapkan dana investasi yang cukup besar untuk MediPlus. Menurut dia, MediPlus merupakan terobosan baru dalam bidang pelayanan kesehatan nasional.

“Lippo siap kucurkan Rp 5 triliun dana investasi dan layanan kesehatan yang diperlukan untuk mensukseskan MediPlus,” ujar Agus dalam acara MediPlus di Rumah Sakit Siloam, Semanggi, Jakarta, Rabu (19/11/2014).

Layanan kesehatan MediPlus fokus pada kebutuhan medis secara umum. Untuk mendapat MediPlus, tak perlu medical check up dan akan berlaku seketika saat pembayaran diterima. Chief Operations Officer Siloam Hospitals Group, Andry mengatkan, pihaknya ingin memberikan akses jaminan kesehatan yang mudah, lengkap, dan terjangkau.

“Peserta MediPlus dapat langsung atau bebas melakukan pemeriksaan kapan saja dan di mana saja RS Siloam berada. RS Siloam juga menyediakan jalur khusus atau ekslusif untuk pelayanan kepada peserta MediPlus,” ujar Andry.

Peserta MediPlus bisa mendapat pelayanan rawat jalan tanpa batas, rawat inap tanpa batas di kamar kelas I, layanan ambulan dan fasilitas emergency yang selalu tersedia tanpa biaya. Untuk rawat bedah dijamin hingga Rp 300 juta per orang per tahun.

Jika ingin rawat inap di kamar VIP, dimungkinkan dengan co-payment. Bahkan evakuasi medis melalui udara juga tersedia apabila diperlukan.

Seluruh fasilitas MediPlus ini pun berlaku sama untuk anak maupun orang dewasa. Untuk dewasa, mereka yang bisa mendaftar MediPlus yaitu usia di atas 17 tahun dan kurang dari usia 58 tahun. MediPlus dapat diperpanjang hingga usia 65 tahun.

Namun, khusus untuk peserta di atas usia 51 tahun akan dikenakan tambahan premi Rp 885.000 per orang dan per tahun. Untuk peserta anak-anak, yaitu usia lebih dari 1 tahun dan kurang dari 17 tahun. Untuk anak didaftarkan minimal dengan salah satu orang tua.

MediPlus memang menyasar kalangan menengah ke atas yang ingin mendapat jaminan kesehatan lebih lengkap dan mudah. Kalangan menengah ke atas dinilai membutuhkan jaminan kesehatan yang lebih lengkap disamping adanya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) awal 2014 lalu.

Hingga saat ini sejumlah rumah sakit sudah menyatakan bergabung yaitu RS Bethsaida, RS Asri, RS Diagram Cinere, BIMC Hospital Bali, dan RS Premier Jatinegara.  Untuk saat ini, MediPlus dapat dicicil tanpa bunga, khusus untuk pembelian kartu kredit CIMB Niaga, Bank Mandiri, dan BCA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com