Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/01/2015, 16:10 WIB


TANYA:

Dokter, saya punya 2 gigi gingsul di bagian atas tepat sebelah gigi seri, gingsulnya menumpuk gigi yang lain sehingga gigi yang lain terdorong kedalam. Bagaimana cara perawatan terbaik menjadikan gigi saya rapi dan tentunya tidak memiliki efek negatif bagi kesehatan. Dan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Terimakasih.

Nouval Arief (23), Palembang

JAWAB:

Hai Nouval di Palembang,

Senang rasanya mendengarkan anda sangat peduli akan kesehatan gigi Anda. Pilihan perawatan untuk kasus gigi yang menumpuk adalah perawatan dengan kawat gigi. Berikut akan dibahas sekilas mengenai perawatan kawat gigi.

Perawatan kawat gigi atau ortodonti bertujuan untuk memperbaiki susunan gigi, pengunyahan, pelafalan kata yang salah, dan penampilan wajah.

Jenis alat yang digunakan untuk perawatan ortodonti dibagi 2, yaitu perawatan ortodonti menggunakan kawat gigi lepasan dan cekat. Penggunaan kawat gigi lepasan diindikasikan untuk kasus ketidakteraturan gigi yang ringan, misalnya gigi renggang. Penggunaan kawat gigi cekat diindikasikan untuk kasus yang lebih kompleks, misalnya gigi berjejal yang cukup parah.

Menurut asosiasi ortodontis internasional, alat ortodonti dapat digunakan oleh anak mulai usia 7 tahun (periode gigi campuran) hingga dewasa. Pilihan jenis alat dan lamanya pemakaian kawat gigi tergantung berat ringannya kasus yang diderita oleh pasien.

Yang berhak melakukan perawatan ortodonti adalah seorang dokter gigi. Dokter gigi umum boleh mengerjakan kasus ketidakteraturan gigi yang ringan, sedangkan kasus yang lebih kompleks merupakan wewenang dokter gigi spesialis ortodonti.

Prosedur perawatan ortodonti dimulai dengan penegakan diagnosa melalui serangkaian pemeriksaan klinis dan radiografis, kemudian dilakukan analisis model gigi dan radiografis, setelah itu penentuan rencana perawatan.

Susunan gigi setelah dilakukan perawatan ortondonti dapat kembali seperti semula apabila pasien tidak memakai retainer atau pasien tidak mengikuti cara pemakaian yang dianjurkan oleh dokter gigi yang merawat.

Penggunaan retainer berfungsi untuk mempertahankan posisi gigi yang sudah baik supaya tidak kembali seperti semula atau biasa disebut relaps. Lama pemakaian retainer 1-2 tahun atau lebih, tergantung berat ringannya kasus. Mengenai biaya keseluruhan perawatan, Anda dapat menanyakan langsung di rumah sakit atau klinik gigi pilihan Anda untuk berobat.

Demikian Nouval, semoga informasinya dapat membantu ya. Salam gigi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com