Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Stres Gara-gara Uang Ganggu Kesehatan Jantung

Kompas.com - 06/05/2015, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Stres dan serangan jantung memang sejak lama diketahui saling berkaitan, tetapi belum jelas jenis stres seperti apa yang paling berpengaruh. Ternyata, stres karena persoalan uang yang perlu kita waspadai.

Menggunakan data Women's Health Study, survei yang mengikuti kesehatan selama 9 tahun, para ahli menganalisa pengalaman stres 267 wanita yang menderita serangan jantung selama periode studi. Usia wanita tersebut rata-rata 56 tahun.

Sebagai perbandingan, mereka juga mengamati 281 wanita dengan faktor risiko sama tapi tidak mengalami serangan jantung.

Di awal penelitian para responden telah memberikan informasi tentang pengalaman hidup yang membuat stres, seperti cedera, kehilangan pekerjaan, pasangan selingkuh, dan sebagainya, dalam 5 tahun terakhir.

Ternyata yang paling meningkatkan risiko serangan jantung para wanita tersebut adalah masalah keuangan, terutama pada mereka yang penghasilannya lebih rendah.

Selain itu, pengalaman traumatik seperti sakit parah atau kematian pasangan dan anak, juga meningkatkan risiko serangan jantung sampai 65 persen.

Seperti halnya pengaruh stres yang berbeda pada pria dan wanita, demikian pula halnya dengan penyakit jantung. Walau pria lebih rentan menderita serangan jantung, tapi pada wanita serangan jantung berdampak lebih fatal.

Sekitar 25 persen wanita yang pernah serangan jantung akan meninggal dalam kurun waktu setahun, sementara pada pria angkanya hanya 20 persen. Perawatan di rumah sakit juga akan lebih lama pada wanita yang mengalami serangan jantung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com