Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2015, 08:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber TIME.com


KOMPAS.com
- Kebahagiaan bisa didapat dari berbagai cara. Dengan mengonsumsi makanan tertentu,  rasa bahagia pun dapat tercipta. Berikut 6 makanan yang yang bisa membuat Anda merasa bahagia seperti dipaparkan ahli nutrisi Cynthia Sass pada situs Time.com.

1. Makanan kaya probiotik
Probiotik adalah bakteri yang baik bagi usus. Jenis dan jumlah bakteri dalam saluran pencernaan diduga memengaruhi bagian otak yang memunculkan rasa bahagia dan mengurangi rasa sedih.

Sebuah studi di Belanda menunjukkan, sebanyak 20 responden yang diberi suplemen probiotik memiliki suasana hati yang baik. Studi ini juga pernah dilakukan di McMaster University,  Ontario pada seekor tikus.

Penelitian menunjukkan, tikus yang agresif menjadi tenang ketika para ilmuwan mengubah mikroba usus mereka. Beberapa makanan yang kaya probiotik, yaitu yogurt dan kimchi.

2. Buah-buahan dan sayuran
Selain menyehatkan, buah-buahan dan sayuran ternyata bisa membuat suasana hati lebih baik. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Health Psychology pada sekitar 300 orang dewasa, menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan dan sayuran membuat mereka lebih berenergi, lebih tenang, dan merasa bahagia.

Studi lain yang dipublikasikan dalam jurnal Social Indicators Research, menemukan bahwa konsumsi sayuran serta buah dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan kesejahteraan mental.

3. Kopi
Kabar gembira bagi Anda pecinta kopi. Menyeruput secangkir kopi pada pagi hari dipercaya dapat meningkatkan mood atau suasana hati lebih baik dan lebih berenergi.

Sebuah studi yang pernah dipublikasikan di JAMA Internal Medicine mengungkapkan, wanita yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari, 15 persen lebih rendah akan mengalami depresi selama rentang 10 tahun dibanding yang tidak minum kopi.

4. Cokelat hitam
Sebuah studi yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa makan sekitar 1,5 ons cokelat hitam setiap hari selama dua minggu dapat mengurangi tingkat hormon stres pada orang-orang yang sedang merasa tertekan.

Antioksidan dalam cokelat hitam dapat melonggarkan dinding pembuluh darah, sehingga mampu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi.

Cokelat hitam atau dark chocolate juga mengandung magnesium, mineral yang pernah dibuktikan mampu membantu meringankan gejala PMS pada wanita seperti kelelahan, depresi, dan mudah tersinggung. Konsumsi cokelat hitam dipercaya dapat memicu rasa euforia, seperti perasaan cinta.

5. Jamur
Makan jamur yang kaya antioksidan juga dipercaya dapat menurunkan risiko depresi, perasaan cemas, dan kelelahan. Selain itu, jamur juga merupakan sumber vitamin D. Untuk menyantapnya lebih nikmat, campur jamur dalam omelet, salad, maupun ditumis.

6. Teh Hijau
Teh hijau atau yang dikenal dengan green tea saat ini sedang marak dijadikan bahan makanan dan minuman.

Sebuah penelitian di Jepang yang melibatkan lebih dari 40.000 orang, menemukan bahwa orang yang minum lima cangkir atau lebih teh hijau per hari memiliki tingkat stres 20 persen lebih rendah daripada yang tidak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com