Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2015, 17:00 WIB

Maaf mudah diucapkan, tapi sulit dilaksanakan. Memaafkan dengan tulus memerlukan kematangan pribadi. Bahkan, kemampuan memaafkan menjadi prasyarat kesehatan jiwa.

Bagi Mita (50), persahabatan yang telah terjalin lama dengan (sebut saja) Susi terhenti di sebuah hari. Mita masih mengingatnya. Itu terjadi di tahun 1990. Saat Susi "berselingkuh" dengan kekasihnya.

"Hari itu Susi dengan terbata-bata bercerita pada saya bahwa dia dan pacar saya sebetulnya sudah lama saling naksir, tapi cuma dipendam karena mereka menghormati saya. Tapi lama-kelamaan mereka merasa tak enak menyimpan rahasia sehingga akhirnya memilih untuk berkata jujur. Wah sakitnya itu luar biasa. Kok teganya sahabat saya mengkhianati saya," kata Mita.

Bagi Mita, Susi adalah "soul mate", belahan jiwa, karena mereka berteman sejak sekolah dasar, dan bersekolah di SMP dan SMA yang sama. Keduanya baru "berpisah" di saat kuliah, tapi tetap di kota yang sama sehingga setiap akhir pekan keduanya melewatkan waktu bersama. Mita lebih dulu memiliki pacar. Alhasil, mereka sering bepergian bertiga di akhir pekan.

"Semua persoalan yang saya hadapi selalu saya ceritakan kepada Susi, termasuk soal pacar. Jadi bisa dibayangkan sakit hatinya. Dia adalah orang yang saya percaya dalam hidup saya. Kalau pacar sih, bisa ganti," kata Mita.

Sejak hari "bersejarah" itu, Mita tak pernah lagi berkomunikasi dengan Susi walaupun Susi telah meminta maaf berkali-kali dan mengaku menyesal. Rasa benci dan dendam itu disimpannya selama puluhan tahun. "Sekitar lima tahun lalu, saya mendengar kalau Susi sakit berat. Saya sempat menimbang-nimbang apakah saya perlu menengok atau enggak. Masih ada rasa gengsi di hati saya. Juga ragu apa nanti dia masih ingat saya. Kalau ternyata kedatangan saya ditolak, kan saya akan lebih malu lagi," kata Mita.

Namun, dugaan Mita salah. Begitu ia memutuskan menengok Susi, Susi menjerit terharu sambil merentangkan kedua tangannya. Mereka berpelukan dan bertangisan. "Saya menyesal mengapa tidak memaafkan sejak dulu. Saya juga tidak mengerti apa yang membuat saya harus memelihara benci demikian lama," kata Mita yang mengaku seperti dilepaskan dari beban berat ketika berbaikan kembali dengan Susi. "Ternyata, diam-diam kami berdua sangat kehilangan satu sama lain," kata Mita.

Refleksi diri

Menyimpan rasa marah selama bertahun-tahun juga dialami Adrian, yang begitu syok ketika mengetahui ayahnya diam-diam menikah lagi. Sang ayah baru memberi tahu keluarga ketika istri mudanya hamil. "Runtuh semua rasa hormat saya pada ayah. Saya malu punya ayah seperti itu. Saya kasihan sama ibu yang selama ini begitu setia mengurus ayah dan membesarkan anak-anaknya," kata Adrian yang memutus komunikasi dengan ayahnya.

Namun, kebencian itu mulai surut ketika Adrian memiliki anak. Ia mulai sering melakukan refleksi, berdialog dengan diri sendiri, seperti apa rasanya jika ia berada di posisi ayahnya dan dibenci oleh anaknya. "Sungguh saya tidak akan sanggup dibenci oleh anak sendiri," kata Adrian.

Ia kemudian memberanikan diri untuk menghubungi ayahnya. Mula-mula hanya bertegur sapa dengan telepon, lalu dengan pesan-pesan singkat, dan akhirnya mereka bertemu. "Awalnya sih kaku. Sayanya yang kaku. Tapi ayah kelihatan mencoba mengerti mengapa saya dulu membencinya. Sampai sekarang kami tetap berhubungan meskipun hubungan dengan anggota keluarga lainnya masih belum pulih," kata Adrian yang mengaku lega karena sudah bisa memaafkan ayahnya.

Shutterstock Ilustrasi

Kesehatan jiwa

Psikolog GM Susetyo dari GMS HRD Consultant menengarai, pengaruh memaafkan terhadap kesehatan jiwa seseorang sangat besar. Bahkan, kemampuan memaafkan tersebut berdampak terhadap perkembangan kepribadian seseorang.

"Ketika dalam diri kita ada luka batin yang disimpan, dan karena kesombongan kita untuk tidak memaafkan, rasa marah itu akan tertanam dalam dan menggerogoti tubuh," kata Susetyo yang biasa dipanggil Yoyok.

Mengapa seseorang sulit memaafkan, menurut Yoyok, karena salah satu penghalang jiwa yang terbesar adalah mengampuni orang lain. "Secara lisan mengaku sudah memaafkan itu mudah. Namun, untuk mengetahui apakah maaf itu datang dari hati yang terdalam, tandanya sangat mudah. Ketika mendengar nama orang yang bersalah disebut saja ada rasa "greng", masih panas, itu tandanya kita belum memaafkan. Di bawah sadar kebencian itu masih ada," lanjut Yoyok.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com