Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Social Smoker" Juga Berisiko Sakit Jantung dan Kanker Paru

Kompas.com - 24/07/2015, 09:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com — Tidak merokok setiap hari atau hanya merokok ketika berkumpul dengan teman-teman biasanya disebut social smoker. Hal ini kebanyakan dilakukan oleh para wanita.

Sayangnya, banyak yang berpikir tidak merokok setiap hari atau kurang dari lima batang per hari aman bagi kesehatan. Ini adalah pemikiran yang sangat keliru.

Dokter spesialis paru di Lenox Hill Hospital, New York City, Len Horovitz, mengungkapkan, merokok pada tingkat yang ringan tetap berdampak buruk bagi kesehatan. Ia mengatakan, merokok kurang dari lima batang per hari masih berisiko tiga kali lipat terkena penyakit jantung.

Bahkan, sebuah penelitian oleh British Heart Foundation tahun lalu juga menemukan bahwa merokok hanya satu batang per hari dapat meningkatkan hingga tiga kali lipat risiko penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang tidak pernah merokok.

Risiko menderita kanker paru juga lebih tinggi pada wanita yang merokok setidaknya satu batang per hari.

Menurut peneliti, banyak wanita terjebak pada pemikiran bahwa menjadi perokok ringan tidak berbahaya bagi kesehatan. Dalam penelitian ini, dokter Carole Holahan dari University of Texas di Austin menyurvei sekitar 9.800 wanita berusia 18 sampai 25 tahun. Sekitar 60 persen merupakan perokok ringan atau tidak merokok setiap hari.

"Mereka bahkan menganggap dirinya bukan sebagai perokok dan dapat berhenti merokok dengan mudah," kata Patricia Folan, Direktur Pusat Pengendalian Tembakau di North Shore-LIJ.

Padahal, menurut Folan, kebanyakan perokok ringan tanpa disadari akan meningkatkan intensitas merokoknya sehingga menjadi perokok berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com