Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/08/2015, 11:10 WIB
KOMPAS.com - Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi pemicu utama penyakit kronis. Karenanya, penting untuk menjaga agar tekanan darah tetap stabil.

Membatasi asupan sodium atau garam merupakan salah satu cara menjaga tekanan darah. Tetapi para ahli mengingatkan, selain memilih makanan yang memiliki sodium alami, pilihlah makanan yang setidaknya mengandung 2 dari 3 mineral, yakni kalsium, magnesium, dan potasium.

Berikut adalah daftar makanan super yang mengandung mineral penting itu.

- Kacang putih
Satu cangkir kacang memiliki 13 persen kalsium, 30 persen magnesium, dan 24 persen potasium, yang tubuh kita perlukan setiap hari.

- Yogurt bebas lemak
Yogurt yang dibuat dari susu rendah lemak memiliki kandungan kalsium 49 persen, magnesium 12 persen, dan potasium 18 persen dari kebutuhan harian kita.

- Buah kiwi
Satu buah kiwi mengandung 2 persen kalsium, 7 persen magnesium, dan 9 persen potasium, dari kebutuhan harian. Kandungan vitamin C buah ini juga lebih tinggi dari pada jeruk.

- Pisang
Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 1 persen kalsium, 8 persen magnesium, dan 12 persen potasium, yang kita perlukan. Bonusnya, pisang membantu menurunkan kadar hormon stres dalam darah.

- Paprika merah
Satu cangkir paprika merah mentah menyediakan 1 persen kalsium, 4 persen magnesium, dan 9 persen potasium yang kita perlukan. Paprika bisa disimpan sampai 10 hari di kulkas.

- Brokoli
Satu cangkir brokoli yang sudah dimasak memiliki 6 persen kalsium, 8 persen magnesium, dan 14 persen potasium. Brokoli juga terkenal akan kandungan glukosinolat yang bisa melawan sel kanker.

- Ubi
Satu buah ubi berukuran sedang yang dimakan dengan kulitnya mengandung 4 persen kalsium, 8 persen magnesium, dan 15 persen potasium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com