Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Makanan yang Penting Dikonsumsi Selama Hamil

Kompas.com - 17/09/2015, 18:01 WIB

KOMPAS.com - Ketika seorang wanita hamil, ia tak lagi makan untuk dirinya sendiri melainkan untuk perkembangan janin di dalam kandungannya juga. Ini berarti wanita hamil bukan saja harus berbagi nutrisi dan makanan dengan bayinya, tapi juga membutuhkan nutrisi ekstra untuk memastikan tubuhnya kuat menanggung pertumbuhan bayi di dalam perutnya selama 9 bulan.

Tubuh seorang wanita akan mengalami banyak perubahan selama kehamilannya. Hasilnya, konsumsi makanan dan nutrisi pun membutuhkan perubahan. Ini adalah salah satu faktor terpenting untuk kesehatan dan keselamatan baik ibu dan bayi di dalam perutnya. Berikut ibni berbagai jenis makanan yang baik dikonsumsi selama kehamilan.

 

1. Telur

Telur tak hanya mengandung protein, yang mana penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, tapi telur juga dapat memenuhi vitamin dan mineral penting yang dbutuhkan oleh sang ibu. Bahkan, telur juga dapat membantu perkembangan otak bayi.
 

2. Kacang lentil

Kacang lentil, seperti kacang merah dan kacang hijau termasuk jenis  serat yang dibutuhkan untuk melawan konstipasi. Lebih penting lagi, kacang-kacangan dapat memenuhi kebutuhan folat sehari-hari dan sanga penting untuk menjaga kesehatan ibu. Kacang-kacangan bisa dibuat sup, campuran salad atau berbagai cara lainnya.

3. Sayuran berdaun hijau

Ini termasuk bayam, brokoli, dan sejenisnya. Sayur-sayuran berdaun hijau kaya dengan kalsium dan folat, jenis sayuran inbi juga akan memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi dan vitamin C. Untuk mengonsumsinya, sayuran-sayuran ini bisa dikombinasi dengan berbagai makanan sehat lainnya.

4. Buah-buah berry

Buah-buahan kelompok berry, seperti strawberry, cranberry, blueberry, dan sebagainya kaya dengan vitamin C. Selain itu juga kaya folat dan serat yang mana sangat dibutuhkan oleh tubuh selama kehamilan.

5. Susu

Tubuh wanita hamil membutuhkan kalsium dua kali lipat lebih banyak dibanding wanita biasa. Pasalnya, kondisi tulang dalam tubuh harus lebih kuat untuk menahan bayi di dalam perut sampai saat kelahiran tiba. Karena itu, hindari mengonsumsi susu rendah lemak selama kehamilan.
 

6. Pisang

Buah ini mengandung potassium dan juga dapat mengurangi rasa mual selama kehamilan. Pisang bersifat lembut di dalam perut dan sehat untuk dikonsumsi selama hamil.


7. Oatmeal

Oatmeal atau sereal akan memberi energi untuk beraktivitas, selain itu juga akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.  Bahkan, sereal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat baik untuk mencukupi kebutuhan lemak dalam tubuh, sekaligus memberikan energi pada tubuh. Lebih dari itu, kacang-kacangan membantu perkembangan otak bayi di dalam kandungan. Sebagian wanita ada yang alergi dengan jenis kacang tertentu, jika Anda mengalaminya, ada baiknya sebelum mengonsumsi kaang-kacangan konsultasi lebih dulu dengan dokter Anda untuk mendapatkan petunjuk terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com