Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2015, 08:00 WIB
KOMPAS.com - Memakai sepatu dalam waktu yang lama bisa menimbulkan aroma tak sedap pada kaki, terlebih lagi jika cuaca panas. Kaki menjadi lebih berkeringat dan lembab. Apa pun alas kaki Anda, entah itu sepatu sport atau sneakers, kondisi lembab bisa menyebabkan kaki menjadi berbau, bahkan infeksi.

"Bakteri dan jamur dan semua mikroorganisme lain menyukai lingkungan yang panas, lembab, dan gelap. Semua itu ada di dalam sepatu," kata Joy Rowland, ahli kesehatan kaki dari Cleveland Clinic.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi bau pada kaki:

1. Bersihkan kaki setiap hari
Membersihkan bagian kaki lebih dari sekedar mandi. Rendamlah kaki dalam cuka dan air larutan garam. Saat mandi sabuni dan sikatlah setiap sela-sela jari dengan teliti.

2. Pastikan kaki kering
Apa pun metode pembersihan kaki yang dipilih, pastikan untuk mengeringkan kaki dengan benar. Jangan lupa untuk selalu menjaga sepatu dan kaos kaki tetap kering ketika dipakai. Jika lembab, aroma tak sedap pun akan muncul.

3. Bersihkan sepatu
Sepatu hendaknya dibersihkan secara berkala dengan menyemprotkan disinfektan.  Caranya dengan melepas sol sepatu lalu semprotkan disinfektan tersebut dan diamkan selama 24 jam.

4. Kontrol kelembaban kaki
Jika Anda mempuyai masalah dengan keringat berlebih, cobalah untuk menggunakan antiperspiran, termasuk yang biasa dipakai di ketiak, atau obat untuk mengatasi dan mengontrol kelembaban. (Muthia Zulfa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com