Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2015, 11:01 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Isoflavon - senyawa yang banyak ditemukan di dalam makanan seperti susu kedelai, teh hijau, tahu dan kacang - dapat membantu menurunkan tekanan darah pada orang dewasa muda, demikian ungkap sebuah penelitian pada tahun 2012.

 

"Isoflavon mampu melebarkan pembuluh dengan cara meningkatkan pelepasan oksida nitrat," jelas Dr Suzanne Steinbaum, direktur penyakit wanita dan jantung  Lenox Hill Hospital di New York City.

 

Dia mengatakan, bahwa studi di atas akan membawa cahaya terkait rekomendasi diet untuk membantu mengontrol hipertensi pada pasien dewasa muda.

 

Dalam studi yang dibiayai  US National Institutes of Health tersebut, tim peneliti memeriksa data lebih dari 5.000 relawan.

 

Hasil analisa menunjukkan, bahwa mereka yang mengonsumsi jumlah tertinggi isoflavon perhari (lebih dari 2,5 miligram mg) memiliki tekanan sistolik rata-rata 5,5 mmHg lebih rendah dibandingkan mereka yang mengonsumsi kurang dari 0,33 mg isoflavon per hari.

 

Supaya lebih mudah dibayangkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, para peneliti memberi contoh: Delapan ons susu kedelai memiliki sekitar 22 mg isoflavon dan 100 gram kedelai panggang memiliki sebanyak 130 mg isoflavon.

 

"Temuan kami sangat menyarankan asupan isoflavon dalam jumlah moderat untuk menjaga tekanan darah tetap normal," kata pemimpin penelitian Safiya Richardson, dokter ahli bedah dari  Columbia University's College of Physicians and Surgeons di New York City.

 

Temuan ini juga mengungkapkan, bahwa asupan isflavon bersama dengan pola makan kaya buah, sayur, susu rendah lemak dan kacang-kacang, dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar  10 mmHg pada orang-orang  pra-hipertensi [di ambang tekanan darah tinggi]. Hal ini akan sangat membantu agar kondisi mereka tidak berkembang menjadi hipertensi, "kata Richardson.

 

Richardson menambahkan, "Temuan ini juga menunjukkan, modifikasi pola makan atau gaya hidup dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan tidak memerlukan obat-obatan kimia. Ini semua karena isoflavon meningkatkan produksi enzim yang mendorong produksi oksida nitrat dan oksida nitrat membantu  memperlebar pembuluh darah dan dengan demikian mengurangi tekanan darah."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com