Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2015, 18:31 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Apakah pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa radiasi ponsel dapat menyebabkan kanker,  telah membuat Anda berpikir dua kali untuk menggunakannya?

Tentu saja, pernyataan WHO itu sangat mengkhawatirkan karena benda yang begitu akrab dengan keseharian kita, ternyata dapat memicu risiko kanker otak. Tapi kabar baiknya, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir efek radiasi ponsel terhadap kesehatan kita.

 

1. Menggunakan headset.

Headset memancarkan radiasi jauh lebih sedikit daripada ponsel, begitulah menurut Environmental Working Group (EWG). Headset juga membuat ponsel jauh dari kepala Anda. Semakin jauh Anda dari sumber radiasi, semakin sedikit efek merusak yang dirasakan tubuh Anda.

 

2.  Kirim pesan.

Ponsel menggunakan lebih sedikit energi dan artinya memancarkan lebih sedikit radiasi ketika Anda berkirim pesan, dibanding ketika Anda bertelepon, menurut EWG. Selain itu, berkirim pesan juga menjauhkan otak Anda dari sumber radiasi.

 

3. Hanya untuk panggilan penting.

Gunakan fasilitas telepon hanya untuk panggilan atau pemberitahuan penting, dan buatlah percakapan sesingkat mungkin. Ini untuk meminimalkan kontak sumber radiasi dengan otak.

 

4.  Perhatikan indikasi sinyal.

Saat indikator rendah, ponsel harus bekerja lebih keras mencari jaringan koneksi yang lebih baik. Ini akan mengakibatkan pancaran radiasi yang lebih tinggi. Jadi, jika indikator sinyal nampak kurang bagus, tunda dulu kegiatan bertelepon dan jauhkan ponsel dari kepala Anda.

 

5. Jauhkan ponsel dari telinga Anda saat menunggu  panggilan Anda tersambung.

Ketika Anda berbicara, jauhkan ponsel dari telinga, dekatkan ke mulut. Bawa ponsel ke dekat telinga hanya ketika Anda sedang mendengarkan orang lain bicara.

"Tingkat radiasi ponsel, lebih rendah ketika dalam posisi menerima sinyal dibanding ketika mengirimkan sinyal," kata Lin Zhong, asisten profesor teknik listrik dan komputer di Rice University di Houston.

 

6. Jangan bertelepon di dalam mobil atau lift.

Selain bisa menyebabkan kecelakaan, ponsel membutuhkan energi yang lebih besar untuk mendapatkan sinyal di dalam ruang logam yang tertutup. Bahayanya, ini mengakibatkan pancaran radiasi semakin besar.

 

7. Sedapat mungkin, larang anak menggunakan ponsel.

Hati-hati, otak anak menyerap radiasi dua kali lebih besar dibanding orang dewasa, menurut EWG. Menurut koran New York Times, pemerintah Inggris, Prancis, Jerman dan Rusia sudah mengeluarkan peraturan yang melarang anak-anak menggunakan ponsel. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com