Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2016, 18:00 WIB
KOMPAS.com - Rasa kantuk dan kelelahan menjadi musuh utama di sela kesibukan bekerja. Gampang mengantuk tersebut biasanya merupakan hasil dari kurangnya kualitas dan kecukupan tidur malam. Tapi, kurang tidur bukan satu-satunya penyebab.

Agar konsentrasi tak rusak gara-gara menahan kantuk, ketahui apa saja penyebab mudah ngantuk dan cara mengusirnya.

- Kurang tidur
Salah satu penyebab tersering kelelahan dan mengantuk adalah kurang tidur. Oleh karenanya, tidurlah 7 jam setiap malam. Mulailah miliki kebiasaan tidur yang sehat dengan menjauhkan semua gadget dari tempat tidur.

- Sleep apnea
Sebagian orang merasa sudah cukup tidur, tapi ada kondisi yang sering tak disadari yang mencuri kualitas tidur mereka. Sleep apnea alias mengorok dan henti napas saat tidur dapat terjadi beberapa kali dalam semalam.

Walau kita tak menyadarinya, tapi hal ini dapat membuat tidur terganggu sehingga bangun tidur kita justru merasa loyo. Sleep apnea sering dialami oleh mereka yang kegemukan, karena itu cobalah menurunkan berat badan. Berhenti merokok dan menggunakan alat CPAP (continuous positive airway pressure) juga membantu meringankan gejala sleep apnea.

- Asupan yang salah
Makan terlalu sedikit memang bisa membuat tubuh kurang bertenaga, tetapi asupan yang salah adalah penyebab utamanya. Jika menu sarapan Anda kebanyakan terdiri dari karbohidrat sederhana seperti roti putih atau donat, kadar gula darah dengan cepat mencapai puncak lalu turun. Suplai energi menjadi tidak stabil.

Solusinya, pilihlah menu sarapan yang sehat. Termasuk di dalamnya protein tanpa lemak dan karbohdirat kompleks, seperti telur dengan roti gandum utuh.

- Anemia
Anemia alias kekurangan sel darah merah adalah penyebab utama kelelahan pada wanita. Kekurangan zat besi penyebab anemia bisa dikoreksi dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti daging, hati, kerang, atau kacang-kacangan. Suplemen zat besi juga bisa dikonsumsi jika diperlukan.

- Gangguan tiroid
Tiroid adalah kelenjar kecil di bagian bawah leher. Fungsi kelenjar ini mengontrol metabolisme. Jika tiroid tidak aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, kita pun akan merasa tidak berenergi dan berat badan melonjak.

- Kebanyakan kafein
Meski kafein diandalkan banyak orang untuk melawan rasa kantuk dan lelah, tapi dalam dosis terlalu banyak kafein bisa menyebabkan kelelahan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com