Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2016, 19:00 WIB
KOMPAS.com - Memeriksa payudara sendiri secara teratur ternyata belum cukup untuk mendeteksi kanker payudara. Setiap wanita seharusnya mengenali bentuk payudara yang normal.

Walau para ahli masih berbeda pendapat mengenai manfaat melakukan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari), tetapi penelitian menunjukkan sekitar 20 persen kanker payudara ditemukan saat melakukan Sadari.

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan Sadari, seperti dikutip dari breastcancer.org:

- Lakukan Sadari secara teratur satu bulan sekali. Semakin sering dilakukan, kita akan semakin hapal bentuk dan rasa payudara yang normal.

Sadari sebaiknya dilakukan beberapa hari setelah menstruasi berakhir, saat payudara dalam kondisi lembut dan tidak padat.

- Jangan panik jika menemukan benjolan. Sebagian besar wanita memiliki area yang benjol pada payudaranya.

- Tidak ada payudara yang sama persis pada bagian kiri dan kanan. Area atas dan area luar (dekat ketiak) cenderung lebih padat. Sementara bagian bawah payudara terasa sedikit tidak lembut. Demikian juga di area bawah puting.

- Gejala yang perlu diwaspadai adalah ada perdarahan pada puting, cekungan di kulit payudara, puting melesak ke dalam, atau muncul ruam di sekitar puting. Namun, kanker payudara tidak akan menimbulkan gejala ketika ukuran tumornya kurang dari satu sentimeter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com