Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2016, 20:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Menshealth

KOMPAS.com - Stres mental dapat menurunkan kualitas sperma secara signifikan. Jadi, jika saat ini Anda sedang mengidamkan kehamilan, maka cobalah melakukan yoga.

Menurut ahli genetika Rima Dada, Ph.D., yoga dapat membuat sperma Anda menjadi sehat, lebih sehat dari sebelumnya.

Pria dalam studi diminta untuk melakukan yoga setidaknya 5 hari seminggu. Peneliti melihat penurunan yang signifikan dalam stres oksidatif setelah 15 hari. Selain itu, kerusakan DNA pada sperma menurun setelah 6 bulan, sehingga meningkatkan peluang responden untuk menjadi lebih subur.

Namun, jika dia pasangan tak juga dapat hamil setelah Anda melakukan yoga selama setidaknya 1 tahun, Anda harus memeriksakan kesuburan ke dokter.

“Jika Anda telah melakukan usaha dan hubungan seks tanpa kondom selama 12 bulan tanpa hamil, sebaiknya Anda dan pasangan diperiksa,” kata Darius Paduch, gelar M.D., Ph.D., direktur kesehatan seksual dan kedokteran di Weill Cornell Medical College.

Kemungkinan Anda akan melewati pemeriksaan menyeluruh, baik fisik, sampel sperma, dan tes darah yang memeriksa hormon dan kadar gula darah.

Pengobatan tergantung pada penyebab infertilitas dan Anda mungkin akan diberi obat-obatan hormonal untuk merangsang produksi sperma normal,atau menjalani perawatan bedah jika Anda memiliki kondisi tertentu seperti varikokel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com