Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/07/2016, 19:22 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Buah semangka termasuk buah yang sangat populer di Indonesia. Apa saja khasiat sehat yang terdapat pada buah yang banyak airnya ini?

Buah yang lezat dijadikan hidangan penutup ini kaya akan likopen, sejenis antioksidan yang membuat buah berwarna merah. Antioksidan ini bermanfaat memulihkan kulit yang terbakar sinar matahari. Di samping itu, antioksidan ini juga memiliki manfaat antiradang yang menyehatkan jantung serta pembuluh darah.

Dengan kandungan air 92 persen, semangka membantu kita kenyang lebih lama serta mengisi kebutuhan cairan di tubuh kita. Kandungan kalorinya pun terhitung rendah, 42 per mangkuk sehingga tak membuat gemuk.

Semangka pun merupakan sumber vitamin C yang baik yang membuat kulit bebas kerut. Vitamin ini membantu memproduksi kolagen yang melindungi tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas. Vitamin ini pun membantu penyerapan zat besi. Kemudian semangka juga mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata dan fungsi kekebalan tubuh.

Kandungan yang kurang dalam buah ini adalah potasium dan serat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com