Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BJ Habibie Imbau Para Ibu Manfaatkan ASI Sebaik Mungkin

Kompas.com - 07/08/2016, 11:56 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie angkat bicara mengenai pentingnya Air Susu Ibu (ASI). Menurut Habibie, pemberian ASI berperan dalam mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas. Suami Hasri Ainun Habibie ini pun mengimbau para ibu memanfaatkan ASI sebaik mungkin untuk diberikan kepada anak.

"ASI diberikan Allah kepada manusia. Manfaatkan hal itu sesempurna sempurnanya, di mana pun Anda berada," kata Habibie dalam acara peringatan Pekan ASI Sedunia di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Sabtu (6/8/2016).

Habibie mengatakan, ASI mengandung ramuan yang tidak ditemukan pada susu lain. Pria 80 tahun itu juga mengingatkan keluarga atau masyarakat untuk bisa memberikan energi dan kekuatan kepada para ibu. Termasuk memberikan energi kepada bayi yang lahir dengan kondisi ibunya meninggal dunia.

Selain itu, lanjut Habibie, terapkanlah pola asuh dengan penuh kasih sayang. Habibie mengaku mengetahui tentang pentingnya kasih sayang ibu, termasuk memberikan ASI dari Ainun.

"Saya tidur berbaring 48 tahun dengan seorang dokter. Di sebelah saya selama 48 tahun berbaring seorang ibu. Dia pinter, berbakat, bijaksana, low profile," kata Habibie.

Habibie pun mengenang kembali saat almarhumah istrinya itu melahirkan anak pertama mereka, Ilham Akbar Habibie. Saat itu istrinya juga memberikan ASI untuk Ilham.

Meski kala itu sibuk menempuh pendidikan S3, Habibie selalu menyempatkan diri membantu Ainun saat kerepotan mengurus Ilham. Habibie mengaku, kadang membantu mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci piring atau mengganti popok Ilham.

Dalam hal ini, Habibie ingin mengingatkan pentingnya dukungan suami untuk menyukseskan ASI eksklusif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com