Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Kanker yang Paling Sering Menyerang Wanita

Kompas.com - 18/08/2016, 21:37 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Kanker adalah salah satu penyakit yang paling banyak ditakuti. Pada wanita, ada lima jenis kanker yang paling umum terjadi. Meski demikian, sebenarnya ada banyak yang bisa kita lakukan untuk mencegah atau minimal mengurangi risiko datangnya penyakit kanker.

Berikut ini lima jenis kanker yang paling banyak terjadi di kalangan wanita dan mari langkah yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.


1. Kanker usus besar

Risiko kanker usus besar pada pria dan wanita adalah sama, menurut American Cancer Society. "Kabar baiknya adalah bahwa  itu bisa dicegah," kata David Greenwald, MD, direktur gastroenterologi klinis dan endoskopi di Mount Sinai School of Medicine.

Lindungi diri Anda dengan: Lakukan screening secara teratur. Standar pemeriksaan saat ini adalah kolonoskopi, dimulai pada usia 50 tahun dan diulang setiap 10 tahun.

"Kolonoskopi tidak hanya mendiagnosa kanker usus besar, juga memungkinkan dokter untuk mendeteksi dan menghapus polip sebelum mereka berkembang menjadi kanker," kata Greenwald.


2. Kanker tiroid

Risko kanker tiroid berkembang dua kali lipat dalam 20 tahun terakhir ini, menurut American Cancer Society. Tapi tidak perlu panik.

"Kami tidak berpikir bahwa jumlah kasusnya meningkat, melainkan kami mengambil kasus yang lebih insidental ketika melakukan MRI atau CT scan," kata Edmund Pribitkin, MD , MBA, spesialis kanker tiroid di Thomas Jefferson University di Philadelphia. Meskipun tingkat insiden telah meroket, tingkat kematian untuk kanker ini tetap stabil.

Lindungi diri Anda dengan: Tidak terburu-buru melakukan terapi yang berlebihan.  Jika dokter  mendeteksi keberadaan nodul kecil, tidak perlu terburu-buru melakukan operasi, kata Pribitkin.

Jika Anda akhirnya  membutuhkan operasi, pengangkatan hanya sebagian tiroid bisa menjadi pilihan.  Dalam hal ini, Anda  tidak perlu melakukan terapil hormon pengganti tiroid.

JIka dokter Anda mengatakan seluruh tiroid Anda perlu diangkat, Anda berhak meminta opini kedua dari dokter lain.


3: Kanker endometrium

Kanker jenis ini, juga disebut kanker rahim, terutama memengaruhi wanita pascamenopause . Sayangnya, saat ini belum ada tes skrining yang baik untuk mendeteksi kanker ini sejak awal, kata Cynthia Thomson, PhD, RD, direktur program Pencegahan dan Pengendalian Kanker di University of Arizona Cancer Center.

Lindungi diri Anda dengan: Menjaga berat badan yang sehat. Kanker endometrium  dua kali lebih umum terjadi pada wanita yang kelebihan berat badan, dan lebih dari tiga kali lebih umum pada wanita obesitas, menurut American Cancer Society.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com