Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kandungan Berbahaya dalam Sabun Antibakteri Masih Ada di Pasta Gigi

Kompas.com - 11/09/2016, 12:09 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Pekan lalu, Food and Drug Administration efektif melarang kimia antibakteri triclosan sebagai salah satu bahan sabun. Tapi nyatanya, Anda masih bisa menemukannya dalam pasta gigi.

Colgate Total, salah satu pasta gigi terlaris di Amerika meyakinkan FDA bahwa manfaat dari triclosan pada pasta gigi jauh melebihi risikonya.

Pasta gigi yang mengandung triclosan telah terbukti efektif mengurangi plak dan radang gusi, kata Andrea Fischer, seorang juru bicara FDA.

Sebelum menyetujui hal tersebut, FDA meminta agar perusahaan Colgate-Palmolive melakukan studi perilaku toksikologi, dan FDA akhirnya memutuskan bahwa kandungan triclosan dalam pasta gigi itu aman dan efektif.

"Berdasarkan bukti ilmiah, ditemukan keseimbangan manfaat dan risiko yang menguntungkan untuk produk ini," kata Fischer.

Colgate total adalah satu-satunya pasta gigi di Amerika Serikat yang mengandung triclosan. Untuk beberapa kritikus, keputusan untuk mengambil triclosan dari produk topikal seperti sabun tetapi membolehkannya dalam produk oral sedikit tidak konsisten.

"Kami menempatkan sabun di tangan kami, dan sejumlah kecil masuk ke tubuh kita," kata Rolf Halden, direktur keamanan lingkungan di Institut Biodesign di Arizona State University. “Tetapi melalui gusi, bahan kimia bisa cepat diserap ke dalam aliran darah."

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Colgate-Palmolive, Thomas DiPiazza, mengatakan produk telah melalui uji keselamatan jauh lebih ketat daripada pasta gigi lainnya.

Ketika perusahaan meminta persetujuan untuk menggunakan triclosan pada tahun 1997, perusahaan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap keselamatan manusia terhadap triclosan sebagai bagian dari aplikasi obat baru.

"Penuh bukti ilmiah lebih dari 25 tahun yang mendukung keamanan dan kemanjuran dari Colgate Total," kata DiPiazza.

Triclosan antimikroba pertama kali digunakan oleh ahli bedah untuk mensterilkan tangan sebelum operasi. Pada akhir 1990-an, mulai banyak perusahaan yang menambahkan bahan kimia tersebut dalam sabun dan deodorant, bahkan pada deterjen mainan bayi. Ketika itu Colgate juga menambahkan triclosan untuk pasta gigi, yang dengan cepat menjadi best seller.

Studi pada hewan telah menunjukkan, triclosan dapat mengganggu perkembangan normal dari sistem reproduksi dan metabolisme.

Keputusan FDA untuk melarang triclosan dalam sabun muncul setelah para ahli mendorong lembaga tersebut untuk mengatur bahan kimia antimikroba, memperingatkan bahwa mereka berisiko berebut hormon pada anak-anak dan mempromosikan infeksi yang resistan terhadap obat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com