Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik "Roller Coaster" Bantu Keluarkan Batu Ginjal

Kompas.com - 28/09/2016, 13:05 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Shape

KOMPAS.com - Batu Ginjal adalah masalah kesehatan yang tak mematikan tapi cukup merepotkan karena menyebabkan demam, lelah dan nyeri.

Dua orang dokter menemukan cara mengatasinya: dengan naik roller coaster. Seperti banyak penemuan ilmiah lain, penemuan ini bermula dari kejadian menyenangkan.

David Wartinger dan koleganya di University of Michigan, Marc Mitchell mendapati laporan 10 tahun lalu seorang pasien melaporkan mengeluarkan 3 butir batu ginjal setelah naik roller coaster.

Ia tak sendirian karena bertahun-tahun pasien lain melaporkan efek sama dari roller coaster, bungee jumping dan kegiatan sejenis. Ini memicu dokter mencari tahu nilai terapi bagi ginjal dari kegiatan naik roller coaster.

Mereka pergi ke Disney World untuk mengujinya. Mereka memasukkan batu ginjal sungguhan dan urin ke dalam ginjal artifisial dari silikon lalu naik Big Thunder Mountain Railroad. Setelah naik 20 kali mereka mendapatkan jawabannya.

Naik roller coaster dapat mengeluarkan batu ginjal, begitu laporan yang dimuat di jurnal American Osteopatic Association.

Duduk di baris pertama roller coaster hanya mengeluarkan 4 dari 24 batu. Duduk di baris belakang dengan gerakan lebih mengerikan mengeluarkan 23 dari 36 batu.

Namun, tak perlu naik roller coaster menyeramkan untuk mendapatkan hasil. "Yang penting terdapat gerakan menukik dan membelok cepat," kata Wartinger.

Big Thunder Mountain Railroad melaju tak lebih dari 65 km/jam untuk jungkir balik. Naik roller coaster juga dapat mencegah batu ginjal untuk orang yang rentan.

"Naik roller coaster mungkin melepaskan batu sebelum membesar," jelasnya. Ini dapat meringankan derita mengatasi batu ginjal yang membutuhkan obat, pantang makanan dan mungkin operasi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com