Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2016, 22:26 WIB

KOMPAS.com - Susu memiliki kandungan gizi alami yang berlimpah yang diperlukan tubuh, termasuk berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga mekanisme pertahanan tubuh terhadap penyakit. Karena itu, penting mengonsumsinya untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Sayangnya, berdasarkan data Nielsen pada Usage & Attitude Studies 2011, usia 13-20 tahun hanya mengonsumsi susu 11 liter per kapita per tahun, dan hanya 4 liter per kapita per tahun pada usia 21-29 tahun.

Bahkan, secara umum, Indonesia memiliki tingkat konsumsi susu paling rendah dibanding negara-negara Asia Tenggara lainnya, yakni 12 liter per kapita per tahun. Sedangkan Malaysia 39 liter, Vietnam 20 liter, dan Thailand 17 liter.

Padahal, kesehatan adalah modal utama untuk berkarya, terutama bagi mereka yang berusia 18-30 tahun atau dikenal sebagai the Yanks, usia young-adulthood, yaitu generasi aktif dan produktif yang selalu berupaya mengejar mimpi dan menjawab tantangan kehidupan.

Menurut psikolog Dra. Retno Dewanti Purba, MpsiT, the Yanks adalah generasi yang penuh ide dan ambisi dalam mengejar mimpi. Generasi yang siap 24 jam 7 hari menghadapi berbagai tantangan dan menyikapi berbagai perubahan untuk kemajuannya.

“Generasi the Yanks punya sederet check list yang harus dipenuhi, mulai dari menyelesaikan pendidikan yang lebih tinggi, mencari pekerjaan, hingga target meraih sukses dalam karir,” jelas Retno saat ditemui media dalam peluncuran Frisian Flag Purefarm Coconut Delight di Ritz Carlton, Jakarta (27/9).

Tantangan-tantangan tersebut menuntut seorang Yank untuk selalu mengembangkan diri, mandiri, dan berdedikasi. Masalahnya, seringkali karena padatnya kesibukan, masalah kesehatan jadi terabaikan.

Retno menambahkan, bahwa sangat penting bagi generasi Yanks untuk peduli pada kesehatan jiwa dan raga. Pasalnya, keseimbangan jiwa dan raga memungkinkan kaum dewasa muda untuk mengeksplorasi dunia, menggali potensi diri, mewujudkan impian, dan siap menghadapi berbagai tantangan.

“Membangun kebiasaan hidup sehat sangat penting di usia ini, demi kesehatan jiwa dan raga. Selain berolahraga, minum susu juga akan memberikan energi untuk melakukan setumpuk aktivitas,” ujar Retno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com