Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu Makan Siang yang Bisa Menghambat Penurunan Berat Badan

Kompas.com - 11/01/2017, 10:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber

KOMPAS.com — Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition meneliti efektivitas program penurunan berat badan di antara lebih dari 1.200 orang yang memiliki kelebihan berat badan dan obesitas di Spanyol.

Ditemukan bahwa mereka yang membawa variasi genetik protein perilipin tertentu (protein yang penting untuk membakar lemak tubuh) dan makan siang terlambat pada pukul 15.00 akan lebih sulit menurunkan berat badan daripada mereka yang makan siang lebih awal.

Meskipun studi ini difokuskan pada orang-orang dengan kondisi genetik tertentu, penelitian serupa yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity tahun 2013 juga menemukan bahwa terlambat makan siang dapat menghambat penurunan berat badan.

Sama seperti rasa kantuk yang diatur oleh ritme sirkadian kita, begitu juga dengan rasa lapar, kata Marie-Pierre St-Onge, PhD, asisten profesor di Columbia University.

"Setiap individu memiliki tingkat individu berbeda-beda dan waktu konsumsi makanan dalam hubungannya dengan ritme sirkadian dapat memengaruhi penurunan berat badan. Selain itu, ritme sirkadian juga mengontrol sekresi insulin dalam tubuh," katanya.

Jika Anda makan pada saat tubuh kurang sensitif terhadap insulin, mungkin Anda akan lebih sulit memobilisasi lemak dan menurunkan berat badan.

Meski waktu makan siang dapat memengaruhi ukuran lingkar pinggang, para peneliti tidak menemukan hal yang sama dengan waktu sarapan atau makan malam.

Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa penelitian dilakukan di Spanyol, di mana kebiasaan masyarakatnya menyantap hampir setengah dari kalori harian pada saat makan siang.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang-orang yang membuat makan siang sebagai waktu makan utama lebih berhasil menurunkan berat badan dan memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah. Dengan catatan, makan siang dilakukan pada jam yang seharusnya.

Penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk lebih mengukuhkan hasil studi ini. Namun, jika Anda menemukan bahwa diri Anda sudah menerapkan pola makan sehat, tetapi masih berjuang untuk menurunkan berat badan, jangan-jangan itu karena Anda mempunyai kebiasaan menunda jadwal makan siang hingga pukul 15.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com