Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/01/2017, 09:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Yahoo News

KOMPAS.com - Jika Anda sedang hamil muda, ahli menyarankan untuk berpikir dua kali sebelum mengonsumsi obat morning sickness atau obat anti mual, kecuali atas rekomendasi spesialis kandungan.

Belum lama ini Kim Kardashian dibayar oleh Duchesnay untuk mempromosikan produk obat morning sickness bernama Diclegis di Instagram. Sayangnya, ia tak menyebutkan kinerja dan efek samping dari mengonsumsi obat tersebut.

Walau belum tentu tidak aman, tapi ahli mengatakan tidak ada yang benar-benar dapat menyingkirkan morning sickness.

Dr. Navindra Persaud, seorang dokter keluarga dan komunitas di Rumah Sakit Toronto St Michael, baru-baru ini menerbitkan sebuah makalah di jurnal PLoS ONE yang mempertanyakan validitas dari studi yang tidak dipublikasikan FDA yang telah digunakan sebagai pendukung dari khasiat dari pil morning sickness Diclegis tersebut.

"Kami berusaha untuk menyediakan informasi lengkap dan akurat bagi pasien dan dokter, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat," kata Persaud. "Informasi ini dapat mendorong FDA untuk meninjau kembali keputusan itu."

Richard Harris dari organisasi media NPR menulis, bahwa FDA pun bahkan belum menemukan obat yang efektif untuk menyembuhkan morning sickness.

The American Congress of Obstetricians dan Gynecologists sendiri merekomendasikan ibu hamil untuk melakukan cara alami untuk meredakan morning sickness seperti konsumsi lebih banyak air putih, buah, atau konsumsi biskuit.

Sehingga mengonsumsi obat morning sickness selama hamil adalah jalan terakhir dan perlu dikonsultasikan dahulu ke dokter kandungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com