Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bisa Berdampak Negatif pada Mental, Bagaimana Cara Aman Atasi Jerawat?

KOMPAS.com - Jerawat sering dianggap sebagai masalah sepele, terutama jika dibandingkan dengan penyakit lain.

Padahal, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan jerawat mengalami konsekuensi sosial, psikologis, dan emosional.

Munculnya jerawat bisa membawa pengaruh negatif bagi kehidupan kita, terlepas dari tingkat keparahan jerawat yang kita miliki.

Riset yang diterbitkan dalam Dermatology Online Journal juga membuktikan jerawat dapat berdampak negatif pada suasana hati, harga diri, dan hubungan interpersonal dan dapat menyebabkan depresi dan bunuh diri.

Terkadang, banyak orang yang keliru dalam menangani masalah jerawat sehingga memperparah kondisinya.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Agar jerawat yang muncul di wajah kita tidak semakin parah, sebaiknya hindari memencetnya karena berisiko menyebarkan bakteri penyebab infeksi dan munculnya jaringan parut.

Menggunakan obat-obatan kimia terkadang membuat kulit menjadi infeksi dan iritasi. Untuk mengatasi jerawat secara aman, cobalah gunakan obat-obatan alami seperti berikut:

1. Minyak tea tree

Minyak tea tree diekstrak dari daun pohon Melaleuca alternifolia, yang merupakan tanaman asli Australia.

Minyak ini terkenal karena kemampuannya untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit.

Secara khusus, minyak pohon teh membantu melawan P. acnes dan S. epidermidis, dua jenis bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Riset juga membuktikanlima persen gel minyak tea tree hampir empat kali lebih efektif dalam mengurangi lesi jerawat dan hampir enam kali lebih efektif dalam mengurangi keparahan jerawat daripada plasebo.

Gel yang mengandung lima persen minyak tea tree juga terbukti sama efektifnya mengurangi jerawat seperti lotion yang mengandung lima persen benzoil peroksida, obat jerawat yang umum dipakai.

Namun, minyak tea tree memiliki sifat yang sangat kuat dan dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi ketika dioleskan langsung ke kulit. Oleh karena itu, kita harus menggunakannya dengan hati-hati.

2. Minyak esensial

Minyak esensial memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu membersihkan jerawat dengan cepat.

Riset juga membuktikan, minyak esensial seperti minyak atsiri dari kayu manis, mawar, lavender dan cengkeh mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Minyak esensial seperti rosemary dan serai juga terbukti secara efektif menghambat P. acnes, yang merupakan penyebab jerawat.

Seperti minyak pohon teh, minyak esensial ini sangat pekat dan dapat menyebabkan iritasi jika dioleskan langsung ke kulit. Jadi, kita harus berhati-hati dalam menggunakannya.

3. Teh hijau

Selain memiliki manfaat kesehatan, teh hijau juga bisa kita gunakan untuk mengusir jerawat.

Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang dikenal untuk membantu melawan peradangan dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Selain itu, teh hijau juga tinggi antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang telah terbukti dapat melawan peradangan, mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan P. acnes pada kulit yang cenderung berjerawat.

Berbagai penelitian telah menunjukkan mengoleskan dua hingga tiga persen ekstra teh hijau ke area berjerawat bisa mengurani produksi sebum dan jerawat secara signifikan.

Untuk menggunakan teh hijau sebagai obat jerawat, kita bisa menyeduhnya dengan air mendidih selama tiga hingga empat menit.

Setelah teh menjadi dingin, oleskan ke wajah dengan bola kapas atau semprotkan dengan botol semprot.

Biarkan selama 10 menit atau semalam, lalu bilas wajah dengan air. Lakukan cara ini satu hingga dua kali per hari.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya telah terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan dan meningkatkan penyembuhan luka.

Lidah buaya mengandung lupeol, asam salisilat, urea nitrogen, asam cinnamonic, fenol dan belerang. Semua zat tersebut mampu menghambat bakteri penyebab jerawat.

Namun, efek lidah buaya akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan obat lainnya.

Riset membuktikan 50 persen gel lidah buaya yang dikombinasikan dengan krim tretinoin secara signifikan lebih efektif membersihkan jerawat daripada krim tretinoin saja.

Krim tretinoin adalah obat jerawat yang berasal dari vitamin A.

Lidah buaya juga akan bekerja efektif menghilangkan jerawat jika dikombinasikan dengan minyak cengkeh.

https://health.kompas.com/read/2019/12/11/090000868/bisa-berdampak-negatif-pada-mental-bagaimana-cara-aman-atasi-jerawat-

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke