Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gangguan Makan: Penyebab dan Jenisnya

KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa gangguan makan termasuk dari masalah kesehatan mental yang turut berefek pada fisik penderitanya?

Yah, gangguan makan merupakan gangguan serius terhadap perilaku makan yang dapat memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan fisik, emosi, dan fungsi kehidupan sehari-hari seseorang.

Mereka yang mengalami gangguan makan biasanya terobsesi dengan bentuk badan dideal yang akhirnya membuat orang tersebut makan terlalu banyak ataupun makan terlalu sedikit.

Akibatnya, penderita ganggua makan justru bisa menjadi terlalu kurus atau bahkan terlalu gemuk.

Lalu, apa yang membuat seseorang mengalami gangguan makan?

Melansir laman Healthline, gangguan makan bisa disebabkan berbagai faktor, termasuk genetika.

Namun, gangguan makan juga bisa disebabkan oleh masalah psikologis seperti kecemasan atau cemburu yang berlebihan, impulsif, dan perfeksionisme yang terlalu tinggi.

Gangguan makan juga bisa disebabkan oleh adanya standar kecantikan yang terlalu memuja tubuh langsing sebagai bentuk tubuh ideal.

Namun, beberapa ahli juga menyebut bahwa gangguan makan bisa disebabkan oleh kelainan struktur otak, khususnya kelainan pada kadar serotonin dan dopamin di otak.

Penelitian menemukan adanya perbedaan pada jumlah serotonin (zat kimia otak) pada orang yang mengalami anoreksia dengan yang tidak.

Perbedaan ini yang diduga membuat orang yang anoreksia mampu menekan nafsu makannya secara ekstrem.

Keseimbangan hormon di dalam tubuh juga bisa memicu gangguan makan. Salah satunya pada perempuan, hormon ovarium (estrogen dan progesteron) diketahui meningkatkan risiko binge eating dan rasa emosional untuk makan.

Jenis-jenis gangguan makan

Melansir laman SehatQ, berikut jenis-jenis gangguan makan yang kerap terjadi:

1. Binge-Eating Disorder

Gangguan ini menyebabkan penderitanya terus mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak dengan cepat dan tidak dapat dikendalikan, meskipun sedang tidak kelaparan atau bahkan sudah sangat kekenyangan.

2. Anorexia Nervosa

Penderita anorexia selalu berpikir dirinya gemuk sehingga melakukan segara cara untuk membatasi asupan makanan yang masuk ke tubuhnya.

Akibatnya, penderita memiliki berat badan di bawah normal dan ketakutan yang berlebihan akan kenaikan berat badan.

3. Bulimia Nervosa

Penderita bulimia makan dalam jumlah yang banyak dengan cepat dan tidak dapat dikendalikan (binge).

Setelah itu, penderita melakukan kompensasi atas makanan yang telah dimakan dengan cara yang tidak sehat, seperti memuntahkan makanan, berolahraga secara berlebihan, menggunakan obat pencahar, dan sebagainya.

Berbeda dengan penderita anorexia, penderita bulimia biasanya memiliki berat badan yang normal atau bahkan sedikit kelebihan berat badan.

4. Rumination Disorder

Gangguan ini ditandai dengan mengeluarkan kembali makanan yang telah ditelan ke dalam mulut untuk dikunyah kembali, dimuntahkan keluar atau bahkan ditelan kembali.

Gangguan ini biasa dialami oleh anak-anak dan penderita keterbelakangan mental. Jika tidak segera diatasi, gangguan ini membuat penderitanya mengalami penurunan berat badan dan gizi buruk yang bisa berakibat fatal.

5. Gangguan Menghindari atau Membatasi Makanan

Gangguan ini ditandai dengan konsumsi nutrisi di bawah asupan yang diperlukan karena tidak memiliki keinginan untuk makan.

Penderita biasanya menghindari makanan dengan karakteristik tertentu, seperti warna, tekstur, rasa, atau aroma makanan. Namun, penderita gangguan ini tidak menghindari makanan karena takut berat badannya meningkat.

https://health.kompas.com/read/2020/02/07/120500868/gangguan-makan--penyebab-dan-jenisnya

Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke