Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Bersihkan Ponsel Agar Tak Jadi Media Penyebaran Virus

KOMPAS.com - Di tengah maraknya pandemi Virus Corona jenis baru seperti saat ini, menjaga kebersihan adalah kunci penting untuk meminimalisir risiko infeksi.

Namun tanpa kita sadari, aktivitas sehari-hari memnuat kita harus bersentuhan dengan benda-benda yang menjadi sarang bakteri dan virus penyebab penyakit.

Oleh karena itu, kita harus memastikan kebersihan benda-benda tersebut dan sebisa mungkin untuk mencuci tangan usai menyentuhnya.

Salah satu benda yang sering kita gunakan dan berpotensi besar menyebarkan berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit adalah ponsel.

Riset 2017 telah membuktikan, layar ponsel mengandung berbagai virus dan bakteri trmasuk E colo, Staphylococcus aureus, dan Streptococcus.

Charles Gerb, profesor epidemiologi dan bio-statistik di Departemen Ilmu Lingkungan di University of Arizona, mengatakan bahwa beberapa jenis virus bisa bertahan di permukaan benda yang keras dalam waktu lama.

"Sebagian besar virus flu dapat bertahan dari beberapa jam hingga 9 hari, tergantung pada suhu dan kelembaban relatif," kata Dr. Gerba, dilansir dari lamam Good Hpuse Keeping.

Berdasarkan data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), Virus Corona jenis baru juga bisa bertahan hidup di permukaan benda yang keras selama berhari-hari bahkan lebih.

Menurut Gerba, virus dan bakteri bisa berpindah dari ponsel ke tangan. Hal ini akan mempermudah virus-virus tersebut untuk menyebar ke segala penjuru dan menularkan berbagai penyakit.

Untuk meminimalisir risiko infeksi, CDC merekomendasikan kita untuk membersihkan benda-benda tersebut dengan desinfektan.

Lalu, apa itu desinfektan?

Desinfektan merupakan cairan pembersih yang terbuat dari bahan kimia yang disebut dengan biosida.

Zat kimia dalam desinfektan memiliki sifat yang keras bahkan panas sehingga lebih cocok digunakan pada benda mati yang berpotensi menjadi sarang mikroorganisme penyebab penyakit.

Cara membersihkan ponsel dengan desinfektan

Pembersihan ponsel sebaiknya dilakukan setiap hari agar lebih efektif. Meski rutin dibersihkan, ponsel bisa dengan cepat terpapar kuman dan bakteri berbahaya.

Oleh karena itu, kita harus menjaga kebersihan ponsel dengan cara berikut:

1. Hindari menggunakan ponsel di tempat umum

Hindari menggunakan ponsel saat bepergian di angkutan umum. Transportasi umum juga berisiko besar menularkan berbagai kuman dan virus penyebab penyakit.

Jika terpaksa harus menggunakannya, usahakan untuk duduk dan tidak memegang tiang atau gantungan tangan yang ada di transportasi umum.

2. Hindari menggunakan ponsel di toilet

Banyak riset membuktikan bahwa kamar mandi menjadi sarang bagi kuman berbahaya. Oleh karena itu, kita disarankan untuk mencuci tangan usai menggunakan kamar mandi.

Selain itu, kita juga tidak diperbolehkan membawa ponsel ke kamar mandi karena kuman dan virus di kamar mandi bisa dengan mudah berpindak ke permukaan ponsel.

3. Hindari meletakan ponsel di permukaan yang tidak terjamin kebersihannya

Saat berada di tempat umum, seperti gym, hindari meletakan ponsel pada peralatan olahraga atau permukaan benda lain yang belum terjamin kebersihannya.

Sebaiknya, kita meletakannya di ikat pinggang atau saku pakaian kita untuk meminimalisir kemungkinan virus atau bakteri tersebut berpindah ke permukaan ponsel kita.

https://health.kompas.com/read/2020/03/12/180000068/cara-bersihkan-ponsel-agar-tak-jadi-media-penyebaran-virus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+