Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Penyakit yang Sering Mengintai Pria Saat Bertambah Usia

KOMPAS.com - Saat mencapai usia 40 tahun, pria juga perlu memperhatikan saluran kemih dan organ genital mereka.

Tentunya, hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan prostat, sistem kemih, dan organ seksual.

Itu sebabnya, ahli urologi dari Cleveland Clinic, Eric Klein, merekomendasikan para pria untuk rutin memeriksakan diri ke ahli urologi saat telah mencapai usia kepala empat.

Menurut dia, ahli urologi akan membantu para pria untuk tetap berfungsi optimal meski telah berada di atas usia 40 tahun.

"Kesehatan seksual dan prostat memainkan peranan besar. Itu sebabnya, menjaga kesehatan area tersebut akan membantu para pria tetap berfungsi optimal," ucap Klein.

Ahli urologi juga bisa membantu para pria untuk mengatasi berbagai problematika pada saluran kemih atau gangguan kesehatan di area genital yang kerap terjadi saat berada di usia 40 tahun.

Berikut berbagai masalah yang sering terjadi pada saluran kemih dan area genital pria saat berada di atas usia 40 tahun:

1. Disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi dan penurunan libido sering kali terjadi pada pria yang berusia 40 tahun ke atas.

"Ahli urologi dapat memeriksa hormon dengan tes darah sederhana dan meresepkan penggantian testosteron jika pasien memiliki testosteron rendah," kata Dr Klein.

Ahli urologi juga dapat merekomendasikan pilihan lain, seperti pengobatan, terapi seks, perangkat vakum, terapi injeksi, atau dalam beberapa kasus, implan penis.

2. Kanker prostat

Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker paling umum yang terjadi pada pria.

Biasanya, kanker jenis ini tidak menunjukkan gejala apa pun sehingga baru terdiagnosis saat kanker sudah mencapai stadium lanjut.

Itu sebabnya, para pria memerlukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk mendeteksi adanya potensi kanker prostat lebih awal.

Pemeriksaan untuk mendeteksi kanker prostat biasanya melibatkan pemeriksaan rektal dan tes darah untuk menguji antigen spesifik prostat.

Umumnya, pria harus memulai pemeriksaan rutin ini saat mereka berusia 50 tahun.

Namun, jika memiliki riwayat keluarga kanker prostat, pria harus memulai pemeriksaan pada usia 40.

3. Masalah kemih

Masalah pada sistem sangat umum terjadi pada pria, terutama seiring bertambahnya usia.

Masalah-masalah ini biasanya termasuk melambatnya aliran kemih, tidak bisa menahan keinginan buang air kecil, atau sulit buang air kecil. Penyebab paling umum dari gejala ini adalah pertumbuhan kelenjar prostat.

Meski demikian, masalah ini memerlukan penanganan serius agar idak menimbulkan masalah pada ginjal atau kerusakan permanen pada organ lain.

4. Darah pada urine

Darah yang terlihat pada urine bisa disebabkan berbagai faktor. Namun, kondisi ini bisa terjadi karena pembesaran prostat, batu ginjal, atau bahkan tumor pada ginjal dan kandung kemih.

Jika ini terjadi, segera lakukan pemeriksaan rutin untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

https://health.kompas.com/read/2020/08/15/133300268/4-penyakit-yang-sering-mengintai-pria-saat-bertambah-usia

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke