Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Warna Ingus dan Artinya pada Kesehatan Anda

KOMPAS.com - Saat sedang tidak enak badan, sering kali hidung kita beringus. Hal ini kerap membuat tidak nyaman karena bisa membuat hidung tersumbat.

Ingus adalah lendir lengket yang dihasilkan oleh kelenjar mukosa yang melapisi saluran pernapasan. Ingus akan dikeluarkan tubuh melalui rongga hidung.

Setiap harinya, kelenjar mukosa yang melapisi saluran pernapasan memproduksi ingus sebanyak satu hingga dua liter.

Fungsi cairan kental ini adalah untuk melembapkan udara yang kita hirup. Tak hanya itu, ingus juga berfungsi untuk menangkap partikel asing dan melawan infeksi.

Karena fungsinya ini, biasanya ingus dapat berubah warna dan teksturnya. Hal itu bergantung pada kotoran atau infeksi yang terjadi pada tubuh Anda.

Dengan kata lain, warna dan tekstur ingus dapat mengindikasikan apa yang terjadi pada tubuh Anda.

Merangkum dari Healthline, Self, dan Web MD, berikut arti dari warna ingus bagi kesehatan Anda.

1. Berwarna bening

Ingus bening dianggap sebagai warna normal atau sehat. Seperti yang telah disebutkan, tubuh menghasilkan sekitar satu hingga dua liter cairan ini setiap hari.

Tapi, bukan berarti seluruh ingus dikeluarkan dari tubuh. Karena pada kenyataannya kita lebih banyak menelan cairan ini tanpa disadari.

Ingus sendiri mengandung protein, antibodi, dan garam. Saat tertelan dan mencapai perut, cairan ini akan larut.

Selain menandakan kondisi normal atau sehat, ingus berwarna bening juga dapat berarti bahwa tubuh Anda sedang ingin membuang sesuatu.

Ini merupakan gejala klasik alergi. Apalagi, jika ingus Anda berwarna bening tapi juga berair dan keluar lebih banyak daripada biasanya.

Kondisi hidung meler seperti itu yang terjadi tiba-tiba dapat menjadi tanda Anda mengalami paparan bahan iritan seperti polutan, wewangian, kotoran, asap rokok, atau udara dingin.

Jika ingus bening yang keluar disertai dengan gejala lain seperti batuk, demam, atau rasa tidak enak badan selama tiga hingga 4 hari bisa jadi tanda adanya infeksi virus ringan seperti flu.

2. Berwarna keruh tak berwarna

Jika ingus yang keluar tidak berwarna tapi bertekstur kental hingga menyumbat hidung, ada beberapa kemungkinan penyebabnya.

Kondisi ini bisa mengindikasikan adanya alergi kronis, seperti alergi debu atau alergi dingin.

Selain itu, dehidrasi juga dapat membuat ingus menjadi lebih kental. Itu karena ingus juga mencerminkan tingkat hidrasi dalam tubuh.

Hal ini juga bisa berarti bahwa Anda berada dalam fase awal infeksi yang menyebabkan saluran hidung meradang. Melansir dari Cleveland Clinic, kondisi ini dapat memperlambat gerakan lendir melalui hidung.

Biasanya, jika Anda berada pada fase awal infeksi virus seperti flu, keluarnya ingus berwarna keruh ini akan disertai dengan gejala sakit tenggorokan, hidung tersumbat, batuk, bersin, demam ringan, nyeri tubuh, dan sakit kepala.

3. Kuning

Lendir berwarna kuning merupakan tanda adanya infeksi dalam tubuh Anda. Kabar baiknya, ingus kuning itu tanda bahwa tubuh Anda sedang melawan infeksi tersebut.

Warna kuning berasal dari sel-sel darah putih yang melawan kuman. Jika sel-sel tersebut selesai bekerja, mereka akan mati dan dibuang melalui ingus Anda.

Selain itu, warna kuning juga bisa berarto ingus tidak dikeluarkan dalam waktu yang lama. Contohnya saat Anda bangun pagi, lendir yang keluar tidak sepenuhnya bening tapi agak kekuningan.

Hal yang perlu diperhatikan jika Anda mendapati ingus berwarna kuning adalah konsistensi dan baunya.

Pada beberapa orang yang menderita sinusitis kronis, lendir dari hidung dapat berwarna kuning dengan tekstur sangat kental dan bau busuk.

4. Hijau

Sama seperti ingus berwarna kuning, lendir berwarna hijau juga menandakan adanya infeksi pada tubuh.

Warna hijau berasal dari sel darah putih mati dan produk limbah lainnya. Sel darah putih mengandung enzim berwarna kehijauan yang nantinya jika dalam jumlah besar akan mengubah warna ingus.

Saat Anda mendapati ingus dengan warna hijau, perhatikan gejala lainnya seperti demam, sakit kepala, atau mual. Gejala-gejala yang menyertai ini dapat menjadi tanda kondisi yang lebih serius.

5. Merah

Ingus warna merah atau merah muda menandakan adanya darah dalam lendir Anda.

Ini bisa terjadi jika hidung dalam kondisi kering atau teriritasi karena terlalu banyak menggosok, meniup, atau mengorek.

Apalagi jika Anda memiliki kebiasaan untuk mengupil. Kebiasaan itu bisa menimbulkan luka yang nantinya berpengaruh pada warna ingus.

Anda perlu waspada jika kondisi ini disertai dengan mimisan.

6. Bewarna coklat atau oranye

Ingus berwarna coklat dapat berarti adanya darah dalam lendir. Bedanya, darah tersebut sudah lama dikeluarkan tubuh.

Selain itu, warna ingus coklat atau oranya juga bisa disebabkan oleh kotoran yang terhirup.

7. Hitam

Ingus berwarna hitam bisa menjadi tanda infeksi jamur yang serius. Meskipun tidak umum, orang dengan kekebalan tubuh yang lemah lebih mungkin rentan terhadap jenis penyakit ini.

Beberapa jenis infeksi jamur yang mungkin terjadi:

  • Sinusitis jamur misetoma atau dihasilkan dari gumpalan spora yang menyerang rongga sinus.
  • Sinusitis jamur alergi yang kerap terjadi pada orang riwayat rinitis alergi.
  • Sinusitis lamban kronis yang banyak terjadi di Sudan dan India dengan gejala penyerta sakit kepala, pembengkakan wajah, dan gangguan penglihatan.
  • Sinusitis fulminan yang dapat menyebabkan kerusakan pada sinus dan area tulang yang berisi bola mata dan orak.

https://health.kompas.com/read/2020/08/20/134643568/warna-ingus-dan-artinya-pada-kesehatan-anda

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke