Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tanda Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai

KOMPAS.com – Tanda darah tinggi penting dikenali untuk mendukung upaya diagnosis dini dan pengendalian atas gangguan kesehatan ini.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi yang tak boleh dibiarkan begitu saja.

Terlebih lagi di tengan pandemi Covid-19 sekarang ini.

Orang dengan penyakit penyerta (komorbid), termasuk darah tinggi perlu ekstra waspada karena jika terkonfirmasi Covid-19 berpotensi besar mengalami perburukan klinis sehingga meningkatkan risiko kematian.

Darah tinggi atau hipertensi telah dilaporkan menjadi salah satu penyakit penyerta Covid-19 yang paling banyak ditemukan pada pasien positif Covid-19.

Misalnya saja, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pernah melaporkan, bahwa berdasarkan data yang dihimpun oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 per tanggal 13 Oktober 2020, dari total kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak 1.488 pasien tercatat memiliki penyakit penyerta.

Dari jumlah tersebut, 50,5 persen di antaranya mengidap penyakit hipertensi, kemudian diabetes 34,5, dan penyakit jantung 19,6 persen.

Sementara dari jumlah 1.488 kasus pasien meninggal, diketahui 13,2 persen di antaranya dengan hipertensi, 11,6 persen dengan diabetes, dan 7,7 persen dengan penyakit jantung.

Berdasarkan laporan penelitian yang diterbitkan dalam European Heart Journal pada 2020, orang yang menderita hipertensi bahkan disebut dua kali lipat lebih berisiko meninggal dunia akibat Covid-19.

Mengingat bahayanya, penting kiranya bagi siapa saja untuk dapat mewaspadai tekanan darah tinggi.

Tanda darah tinggi yang perlu diwaspadai

Dilansir dari Health Line, hipertensi pada umumnya adalah kondisi “diam”.

Di mana, banyak orang dengan tekanan darah tinggi bisa jadi tidak akan mengalami gejala apa pun.

Mungkin perlu waktu bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun agar kondisi hipertensi mencapai tingkat yang cukup parah sehingga gejalanya menjadi jelas.

Untuk menjadi kewaspadan, berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa dicurigai sebagai tanda darah tinggi:

Perlu dipahami bahwa kondisi di atas termasuk tanda darah tinggi yang membutuhkan perhatian medis segera. 

Gejala ini mungkin tidak terjadi pada semua orang dengan hipertensi.

Tapi ingatlah, menunggu kondisi ini muncul bisa sama saja dengan membiarkan hipetensi berkembang dan mengakibatkan kondisi fatal.

Jadi, jangan ragu untuk berbicara dengan dokter jika Anda mencurigai mengidap hipertensi.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda menderita hipertensi atau tidak tentu dengan melakukan pembacaan tekanan darah atau cek tensi secara teratur.

Dilansir dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kondisi yang disebut hipertensi adalah ketika pembacaan tekanan darah sistolik lebih dari atau sama dengan 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari atau sama dengan 90 mmHg.

Jika Anda hanya memiliki jadwal kontrol kesehatan setahun sekali, lebih baik bicarakan dengan dokter tentang risiko hipertensi dan pembacaan lain yang mungkin diperlukan untuk membantu Anda memantau tekanan darah.

Misalnya, jika Anda memiliki riwayat keluarga penyakit jantung atau memiliki faktor risiko untuk mengembangkan kondisi tersebut, dokter mungkin akan menyarankan agar Anda periksa tekanan darah dua kali setahun.

Hal ini dapat membantu Anda dan dokter tetap mengetahui semua kemungkinan kondisi sebelum menjadi masalah.

Diagnosis darah tinggi

Mendiagnosis hipertensi semudah melakukan pembacaan tekanan darah.

Sebagian besar fasilitas kesehatan memeriksa tekanan darah sebagai bagian dari pemeriksaan rutin.

Jika tekanan darah Anda meningkat, dokter mungkin akan meminta Anda untuk cek tensi lebih sering selama beberapa hari atau minggu ke depan.

Diagnosis hipertensi jarang diberikan setelah hanya satu kali pembacaan.

Dokter perlu melihat bukti adanya masalah yang berkelanjutan. Itu karena lingkungan Anda dapat berkontribusi pada peningkatan tekanan darah, seperti rasa gugup atau stres yang mungkin dirasakan saat berada di ruang pemeriksaan dokter.

Selain itu, tingkat tekanan darah bisa berubah sepanjang hari.

Jika tekanan darah Anda tetap tinggi, dokter kemungkinan akan melakukan lebih banyak tes untuk menyingkirkan kondisi yang mendasarinya.

Tes ini bisa meliputi:

  • Tes urine
  • Skrining kolesterol dan tes darah lainnya
  • Tes aktivitas listrik jantung dengan elektrokardiogram (EKG)
  • USG jantung atau ginjal

Tes tersebut dapat membantu dokter mengidentifikasi masalah sekunder yang menyebabkan peningkatan tekanan darah Anda. Dokter juga dapat melihat efek tekanan darah tinggi pada organ.

Selama waktu ini, dokter mungkin akan mulai mengobati hipertensi. Perawatan dini dapat mengurangi risiko kerusakan jangka panjang.

https://health.kompas.com/read/2021/05/20/180200268/8-tanda-darah-tinggi-yang-perlu-diwaspadai

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke