Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terlihat Sepele, 5 Pose Yoga Ini Bisa Atasi Disfungsi Ereksi

KOMPAS.com - Disfungsi ereksi terjadi ketika seorang pria tidak dapat mencapai atau mempertahankan ereksi.

Melansir dari Medical News Today, penelitian menunjukkan bahwa berlatih yoga setiap hari dapat membantu pria menikmati peningkatan kesehatan seksual.

Ada banyak penyebab disfungsi ereksi atau disfungsi ereksi, mulai dari aliran darah yang terbatas hingga obat yang diminum oleh pria, hingga masalah psikologis dan emosional.

Sementara beberapa penyebab disfungsi ereksi mungkin memerlukan perawatan medis, beberapa gerakan yoga bisa dilakukan sebagai alternatif untuk mengatasi disfungsi ereksi ringan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sex & Marital Therapy, yoga telah terbukti membantu mengurangi tekanan darah, indeks massa tubuh, dan detak jantung.

Karena tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan keduanya terkait dengan disfungsi, manfaat yang disorot di atas dapat membantu pria mengatasi disfungsi ereksi.

Artikel jurnal juga menunjukkan bahwa yoga meningkatkan aliran darah ke alat kelamin, yang dapat meningkatkan fungsi seksual.

Penelitian lain yang dipublikasikan di Journal Sexual Medicine mempelajari 65 pria berusia 24 hingga 60 tahun yang berpartisipasi dalam sesi yoga selama 12 minggu.

Para peserta diminta menilai fungsi seksual mereka sebelum dan sesudah latihan yoga.

Pada akhir 12 minggu, pria melaporkan peningkatan kontrol ejakulasi, ereksi, dan orgasme.

Kaitan antara keduanya memang belum ada penelitian yang komprehensif.

Namun, para peneliti yang menulis dalam Journal of Ayurveda and Integrated Medical Sciences telah melakukan pengamatan pada pengetahuan tubuh tentang yoga, penghilang stres, dan fungsi seksual.

Mereka menyimpulkan bahwa ada lima pose yang direkomendasikan untuk mengatasi disfungsi ereksi, berikut daftar lengkapnya.

Pose ini dimaksudkan untuk meningkatkan pencernaan dan aliran darah ke organ utama, termasuk hati, limpa, pankreas, dan daerah panggul

Siddhasana adalah posisi yoga klasik, kadang-kadang disebut Pose Sempurna, dan dapat dilakukan dalam waktu yang lama.

Untuk pria, pose ini memiliki manfaat merangsang daerah panggul dan meningkatkan fleksibilitas

Juga dikenal sebagai Eagle Pose, pose ini membutuhkan keseimbangan.

Seorang pria harus melakukannya di dekat dinding atau perabot yang kokoh jika dia ingin melatih keseimbangannya.

Pose ini dikenal untuk meningkatkan aliran darah ke panggul sehingga berpotensi bermanfaat bagi mereka yang mengalami disfungsi ereksi.

Pavanamuktasana juga dikenal sebagai Pose Pereda Angin karena meningkatkan motilitas usus dan dapat meredakan sakit perut akibat gas.

Selain itu, membantu memobilisasi dan menghangatkan otot panggul dan organ reproduksi.

Juga dikenal sebagai Corpse Pose, pose ini sering kali merupakan pose terakhir yang dilakukan di kelas yoga.

Meskipun hampir semua orang dapat melakukan shavasana, ini bisa menjadi salah satu yang paling sulit untuk dilakukan dengan baik.

Hal ini karena melibatkan ketenangan, introspeksi, dan fokus pada pernapasan seseorang.

  • Berbaring dengan punggung di lantai dan lengan terentang di samping. Arahkan telapak tangan ke atas, ke arah langit.
  • Visualisasikan setiap bagian tubuh perlahan-lahan rileks. Mulailah dengan jari kaki kanan, lalu pergelangan kaki, betis, lutut, dan seterusnya. Beralih untuk memvisualisasikan kaki kiri rileks dan bergerak ke atas melalui tubuh.
  • Bernapaslah dalam-dalam sambil mempertahankan fokus pada relaksasi. Seseorang dapat tetap dalam pose ini selama 15 hingga 20 menit jika diinginkan.

https://health.kompas.com/read/2021/07/06/220000268/terlihat-sepele-5-pose-yoga-ini-bisa-atasi-disfungsi-ereksi

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke