Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Indeks Massa Tubuh

Berat badan ideal bisa jadi salah satu petunjuk penyerapan zat gizi di dalam tubuh telah seimbang.

Untuk orang dewasa, berat badan tubuh terlalu kurus, normal, gemuk, atau obesitas bisa diketahui dengan menghitung indeks massa tubuh.

Tak hanya soal penampilan, dengan mengetahui berat badan ideal atau tidak, seseorang bisa menentukan langkah pencegahan atau penanganan jika berat badan tidak normal.

Cara menghitung berat badan ideal dengan rumus indeks massa tubuh

Indeks massa tubuh adalah acuan untuk menakar apakah perbandingan berat badan sudah sesuai dengan tinggi badannya atau belum. Perhitungan indeks massa tubuh menggunakan rumus tertentu.

Menurut Permenkes No. 41 tentang Pedoman Gizi Seimbang, cara menghitung berat badan ideal dengan rumus indeks massa tubuh yakni berat badan (dalam satuan kilogram) dibagi kuadrat tinggi badan (tinggi badan kali tinggi badan dalam satuan meter).

Sebagai contoh, seseorang memiliki berat badan 53 kilogram dan tinggi badan 1,58 meter. Maka, indeks massa tubuhnya yakni 53 dibagi 2,45 (1,58 dikali 1,58). Hasilnya yakni 21,2 atau berat badan termasuk normal.

Hasil perhitungan indeks massa tubuh termasuk kategori:

Sangat kurus bila hasilnya kurang dari 17
Kurus jika hasilnya antara 17 sampai kurang dari 18,5
Normal bila hasilnya antara 18,5 sampai 25
Gemuk jika hasilnya antara lebih dari 25 sampai 27
Obesitas bila hasilnya di atas 27

Orang sangat kurus perlu segera berkonsultasi ke dokter agar kesehatannya tidak terganggu.

Demikian juga halnya pada orang yang memiliki indeks massa tubuh lebih dari 25. Segera kontrol berat badan untuk mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, stroke, sampai kanker.

Kalkulator untuk menghitung berat badan ideal

Cara menghitung berat badan ideal juga dapat memanfaatkan kalkulator indeks massa tubuh.

Anda bisa menghitungnya tanpa perlu ribet mengalkulasinya secara manual. Tinggal masukkan angka berat badan dan tinggi badan sesuai satuannya.

Ingat, perhatikan satuannya karena beberapa kalkulator tersebut menggunakan metrik berat badan dalam satuan inchi dan tinggi badan dalam satuan kaki.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) merilis kalkulator indeks massa tubuh untuk menghitung berat badan ideal. Berikut tautannya:

https://www.cdc.gov/healthyweight/assessing/bmi/adult_bmi/metric_bmi_calculator/bmi_calculator.html

Atau, Anda juga bisa menggunakan kalkulator indeks massa tubuh dari Pusat Layanan Kesehatan Inggris (NHS). Berikut tautannya:

https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/bmi-calculator/

Cara menghitung berat badan ideal dengan kalkulator indeks berat badan dari NHS turut menimbang bobot tubuh, tinggi badan, usia, jenis kelamin, ras, sampai tingkat aktivitas sehari-hari. Hasilnya bisa lebih komprehensif.

https://health.kompas.com/read/2021/07/08/140100468/cara-menghitung-berat-badan-ideal-dengan-rumus-indeks-massa-tubuh

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke