Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Dampak Besar, Pahami Tanda Anak Alami Kekerasan Seksual

KOMPAS.com - Menurut data UNICEF, jutaan anak di seluruh dunia menghadapi pelecehan dan eksploitasi seksual. Kekerasan seksual terjadi di mana-mana – di setiap negara dan di semua lapisan masyarakat.

Anak-anak yang mengalami pelecehan seksual dapat menunjukkan berbagai reaksi emosional dan perilaku, banyak di antaranya merupakan karakteristik anak-anak yang pernah mengalami jenis trauma lain.

Anak-anak yang mengalami pelecehan seksual dapat menunjukkan berbagai reaksi emosional dan perilaku, bahkan mereka juga bisa mengalami trauma. Berikut berbagai efek kekerasan seksual pada anak:

  • sulit tidur
  • menarik diri dari lingungan
  • ledakan amarah
  • kecemasan
  • depresi.

Anak-anak yang mengalami kekerasan seksual bis amenjadi pelaku di kemudian hari. Karena itu, orangtua harus mengenali tanda-tanda kekerasan seksual yang terjadi pada anak.

Tanda kekerasan seksual pada anak

Anak-anak seringkali tidak bisa membicarakan kekerasan seksual yang terjadi padanya. Mereka cenderung menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi padanya.

Anak juga tidak menceritakan kekerasan seksual yang terjadi padanya karena adanya ancaman dari pelaku.

Oleh sebab itu, orangtua perlu lebih peka dengan tanda-tanda kekerasan seksual yang terjadi pada anak. Berikut tanda-tanda adanya kekerasan seksual pada anak:

1. Adanya Perubahan perilaku

Seorang anak bisa menjadi agresif, menarik diri, lengket, sulit tidur, mengalami mimpi buruk secara teratur atau mulai mengompol setelah mengalami kekerasan seksual.

2. Menghindari pelaku kekerasan

Anak mungkin tidak menyukai atau tampak takut pada orang tertentu dan mencoba menghindari menghabiskan waktu berduaan dengan mereka.
Hal ini bisa menjadi tanda bahwa orang tersebut pernah berbuat hal yang tak menyenangkan padanya.

3. Perilaku seksual yang tidak pantas

Anak-anak yang telah dilecehkan mungkin berperilaku dengan cara seksual yang tidak pantas atau menggunakan bahasa seksual secara eksplisit.

4. Masalah fisik

Anak korban kekerasan sekual dapat mengalami masalah kesehatan, termasuk rasa sakit di area genital dan anus atau infeksi menular seksual, atau mengalami kehamilan.

5. Masalah di sekolah

Anak yang dilecehkan bisa mengalami kesulitan berkonsentrasi dan belajar, dan nilai mereka mungkin mulai turun.

https://health.kompas.com/read/2021/09/03/110000668/punya-dampak-besar-pahami-tanda-anak-alami-kekerasan-seksual

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke