Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Mengobati Anus Gatal secara Alami dan Pakai Obat

Tak hanya mengurangi kenyamanan, masalah kesehatan ini juga cukup mengganggu karena penderita perlu terus menggaruk area privatnya.

Sebelum mengenali beberapa cara mengobati anus gatal, ketahui dulu beberapa penyebabnya.

Penyebab anus gatal

Melansir Medical News Today, penyebab anus gatal bisa berasal dari gaya hidup atau penyakit tertentu, antara lain:

Cara mengobati anus gatal

Cara mengobati anus gatal perlu disesuaikan dengan akar penyebab masalah kesehatan ini. Secara umum, berikut beberapa di antaranya:

  • Bersihkan anus dengan lembut

Melansir Mayo Clinic, pastikan Anda membersihkan dubur dan area sekitarnya dengan lembut. Gunakan air biasa atau sabun yang tidak mengiritasi kulit. Jangan digosok dan jangan lupa dikeringkan setelah itu.

  • Jangan menggaruk anus

Ada rasa puas ketika anus gatal digaruk. Tapi, menggaruk anus gatal bisa semakin mengiritasi kulit. Jika tidak tahan dengan rasa gatalnya, coba kompres anus yang gatal dengan handuk yang diberi sedikit air hangat.

  • Gunakan pakaian yang longgar

Saat anus gatal, gunakan pakaian dan pakaian dalam yang longgar serta bisa menyerap keringat seperti katun. Dengan begitu, area sekitar pantat bisa tetap kering dan tidak lembap.

  • Hindari sumber iritasi

Jika penyebab anus gatal karena iritasi sabun, tisu basah, atau deodoran genital, hindari penggunaan produk berbahan kimia keras untuk membersihkan anus. Cukup bersihkan anus dengan air mengalir dan tisu basah tanpa pewangi.

  • Ubah pola makan

Kurangi atau hindari asupan tinggi kafein seperti kopi, teh, cokelat, soda, atau minuman berenergi. Selain itu, hindari mengonsumsi alkohol, makanan pedas, atau makanan lain yang bisa menyebabkan diare.

  • Gunakan obat anus gatal

Untuk menjaga kelembapan kulit dan membantu mengatasi iritasi di sekitar anus, oleskan salep atau krim yang mengandung zinc oksida atau petroleum jelly. Bila perlu, oleskan salep hidrokortison, tapi jangan lebih dari satu minggu.

  • Jaga pencernaan agar ajek lancar

Jika alasan kenapa anus gatal berasal dari ambeien atau sembelit, pastikan Anda menjaga pencernaan agar selalu lancar. Caranya dengan rutin makan serat dari buah atau sayur di setiap sesi makan.

Kapan perlu waspada dengan anus gatal?

Anus gatal adalah masalah kesehatan umum. Kebanyakan penyebabnya ringan atau tidak perlu dikhawatirkan.

Perubahan gaya hidup sehat dan obat anus gatal yang dijual bebas dapat membantu mengatasi masalah kesehatan ini.

Namun, Anda perlu berkonsultasi ke dokter apabila anus gatal sudah berlangsung lebih dari tiga minggu, gatalnya cukup parah, dan disertai gejala lain.

Mengobati penyebab anus gatal yang mendasar dapat membantu menghentikan dan mencegah komplikasi masalah kesehatan ini.

https://health.kompas.com/read/2021/10/31/220100168/7-cara-mengobati-anus-gatal-secara-alami-dan-pakai-obat

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke