Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Cara Menghilangkan Serak secara Alami, Obat, atau Perawatan Medis

Tak hanya serak, perubahan suara ini umumnya disertai gejala tenggorokan gatal atau rasa tidak nyaman ketika menelan.

Biasanya, suara serak karena berbicara terlalu kencang atau tenggorokan kering bisa sembuh dalam waktu singkat dengan perawatan alami ala rumahan.

Namun, ada juga penderita yang perlu mengonsumsi obat atau mengikuti perawatan medis tertentu untuk menghilangkan suara serak.

Cara menghilangkan serak

Cara menghilangkan serak di tenggorokan bisa secara alami, minum obat, atau perlu perawatan medis. Berikut beberapa di antaranya:

  • Istirahatkan pita suara

Melansir Healthline, ketika suara serak, istirahatkan pita suara dari banyak bicara, berteriak, atau menyanyi selama beberapa hari agar tidak terlalu tegang.

  • Minum banyak air putih

Saat serak, minum banyak air putih untuk melembapkan tenggorokan yang kering. Hindari alkohol dan asupan berkafein seperti teh, kopi, cokelat, atau soda karena bisa bikin suara semakin serak.

  • Gunakan pelembap udara

Pasang humidifier, difusser, atau alat pelembap udara di ruangan yang sering digunakan untuk beraktivitas dalam waktu lama. Alat ini membantu pernapasan lebih lega dan melembapkan tenggorokan yang kering.

  • Mandi air panas

Apabila tidak tersedia alat pelembap udara, Anda bisa mandi air panas. Uap dari pancuran air panas bisa membantu membuka jalan napas dan melembapkan saluran napas.

  • Setop merokok

Tak hanya meningkatkan beragam penyakit kronis, merokok juga bisa jadi penyebab suara serak. Paparan asap rokok dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan suara serak.

  • Isap permen pelega tenggorokan

Permen pelega tenggorokan bisa merangsang produksi air liur dan dapat membantu menenangkan tenggorokan yang meradang.

  • Hindari alergen dan dekongestan

Paparan zat pemicu alergi bisa memperburuk atau menyebabkan suara serak. Selain itu, obat yang mengandung dekongestan juga dapat mengiritasi dan mengeringkan tenggorokan.

  • Minum obat sesuai penyebab suara serak

Melansir Cleveland Clinic, selain beberapa cara menghilangkan suara serak secara alami di atas, ada baiknya Anda minum obat sesuai akar penyebab masalah keehatan ini.

Misalkan obat antiradang jika ada peradangan. Untuk flu, Anda bisa minum obat flu yang dijual bebas. Untuk penyakit asam lambung, konsumsi obat asam lambung.

  • Terapi suara

Di beberapa kasus, menghilangkan suara serak terkait ketegangan kota suara (laring) dan benjolan di pita suara (seperti nodul, kista, atau polip) membutuhkan terapi suara dengan ahli patologi wicara-bahasa.

  • Operasi

Apabila tumor atau benjolan cukup besar dan mengganggu pita suara, kotak suara, atau tenggorokan dan menyebabkan suara serak berkepanjangan, terkadang dokter menyarankan untuk operasi.

  • Terapi kanker

Cara menghilangkan suara serak terkait kanker laring, kanker leher, atau tenggorokan perlu terapi radiasi, kemoterapi, imunoterapi, operasi, atau terapi kombinasi.

Kapan perlu waspada dengan suara serak?

Apabila beragam cara menghilangkan suara serak sudah dijajal tapi masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

Terutama jika suara serak berlangsung lebih dari tiga minggu dan Anda tidak sedang flu atau merasakan gangguan tenggorokan.

Konsultasikan ke dokter jika suara serak disertai batuk berdarah, susah menalan, ada benjolan di leher, sesak napas, atau suara sampai hilang.

https://health.kompas.com/read/2022/01/29/080100668/11-cara-menghilangkan-serak-secara-alami-obat-atau-perawatan-medis

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke