Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Apa Itu Xanthelasma, Tanda Kolesterol Tinggi di Tubuh

KOMPAS.com - Tingkat kolesterol yang tinggi bisa memengaruhi seluruh bagian tubuh kita, salah satunya mata.

Menurut dokter mata Nicole Bajic, kolesterol tinggi dalam tubuh bisa membentuk endapan kuning di sekitar mata, yang disebut dengan xanthelasma.

Timbunan lemak tersebut paling sering muncul di kelopak mata atas dan bagian dalam kelopak mata yang paling dekat dengan hidung.

“Kolesterol adalah jenis lipid yang merupakan bahan utama dalam membuat hormon steroid, vitamin D dan garam empedu, yang membantu kita memecah lemak di usus kita,” jelas Bajic.

Tubuh kita memiliki kolesterol yang bergerak melalui tubuh kita melalui lipoprotein, termasuk high-density lipoprotein (HDL), yang merupakan jenis kolesterol 'baik', dan low-density lipoprotein (LDL), yang merupakan jenis kolesterol 'buruk'.

Ketika kedua jenis kolesterol tersebut kadarnya tidak seimbang, maka tubuh bisa mengembangkan timbunan lemak.

Cara mencegah

Menurut Bajic, salah satu cara terbaik untuk mengatasi xanthelasma adalah dengan menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh.

“Salah satu cara terbaik untuk mencegah dan meringankan masalah ini adalah memulai diet rendah lemak, termasuk makan lebih sedikit makanan olahan,” kata Bajic.

Anda bisa mulai menerapkan hidup sehat dengan mengatur pola makan dan rutin olahraga. Dalam beberapa kasus, xanthelasma juga perlu dicegah dengan mengonsumsi obat penurun kolesterol.

Menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh juga bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Hindari lemak jenuh (seperti mentega, gorengan, dan daging berlemak).
  • Berolahragalah setiap hari.
  • Hindari merokok.

Cara mengatasi

Xanthelasma sebenarnya tidak berbahaya. Namun, hal itu bisa menjadi pertanda besar adanya ketidakseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh.

Di sisi lain, xanthelasma juga bisa mengganggu penampilan. Salah satu cara mengatasinya adalah melalui bedah kosmetik. Namun, cara ini bisa menimbulkan jaringan parut.

Selain bedah kosmetik, xanthelasma juga bisa dihilangkan melalui cara berikut:

  • Cryotherapy
  • Terapi laser
  • Chemical peeling.

Sayangnya, metode pengobatan tersebut juga bisa memicu jaringan parut dan perubahan warna kulit.

Xanthelasma sebenarnya bukan sekadar menganggu penampilan semata. Lebih dari itu, xanthelasma bisa menjadi pertanda besar adanya masalah kesehatan kronis yang berkaitan dengan kolesterol tubuh.

Meski tidak menimbulkan rasa sakit, Anda harus segera berkonsultasi ke dokter ketika timbunan lemak ini mulai muncul di area mata.

https://health.kompas.com/read/2022/02/04/170000768/kenali-apa-itu-xanthelasma-tanda-kolesterol-tinggi-di-tubuh

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke