Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Musim Pancaroba Datang, Jaga Daya Tahan Tubuh dengan 5 Kiat Berikut

KOMPAS.com – Saat musim pancaroba datang seperti sekarang, masyarakat harus pintar menjaga daya tahan tubuh. Pasalnya, masa peralihan musim yang mengakibatkan cuaca jadi tak menentu membuat beragam penyakit mudah menghampiri, di antaranya batuk, pilek, dan demam.

Peralihan musim seperti itu umum terjadi tiap tahunnya. Secara otomatis, hal ini akan berpengaruh terhadap reaksi tubuh yang berusaha keras untuk beradaptasi dengan temperatur sekitarnya.

Perubahan cuaca memang tidak bisa dihindari, tetapi tetap bisa diantisipasi dengan berbagai kebiasaan baik agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan tidak mudah sakit. Caranya, lakukan 5 hal berikut.

1. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi seimbang.

Setiap orang butuh asupan gizi berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin, usia, kebiasaan beraktivitas, dan kondisi khusus lainnya, seperti saat hamil, menyusui, atau sakit.

Jadi, pastikan bahwa kamu sekeluarga selalu menyantap makanan bergizi dengan porsi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh secara alami. Berusahalah membatasi konsumsi makanan yang kalorinya berlebihan, seperti kandungan lemak dan gula tinggi atau mengandung zat aditif.

2. Olahraga teratur

Makanan bergizi saja belum cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu sekeluarga juga wajib berolahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat.

Cobalah berolahraga secara teratur. Pilih jenis olahraga yang disukai seluruh anggota keluarga, misalnya jogging, bersepeda, atau olahraga permainan seperti bulutangkis.

Siapkan waktu berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu sehingga kamu terbiasa dengan aktivitas penting yang satu ini.

3. Tidur cukup

Daya tahan tubuh juga sangat berkaitan dengan waktu tidur yang cukup. Sebab, tubuh melakukan regenerasi sel dan memproduksi antibodi secara maksimal saat tidur.

Adapun rincian kebutuhan waktu tidur, yakni anak prasekolah dengan rentang usia 3-5 tahun adalah 10-13 jam perhari.

Lalu, anak usia sekolah 6-13 tahun adalah 9-11 jam per hari. Sementara, remaja usia 14-17 tahun adalah 8-10 jam per hari.

Selanjutnya, dewasa usia 18-64 tahun adalah 7-9 jam per hari, dan lanjut usia (lansia) di atas 65 tahun adalah 7-8 jam per hari.

4. Patuhi protokol kesehatan

Meski angka kasus Covid-19 sudah mulai menurun, kebiasaan baik seperti mematuhi protokol kesehatan tetap perlu dijalankan.

Dengan menerapkannya, jenis virus apa pun akan sulit menghampiri tubuhmu. Karenanya, patuhi protokol kesehatan untuk memaksimalkan pertahanan tubuh dari virus.

Adapun protokol kesehatan yang harus disiplin dilakukan adalah mencuci tangan secara rutin, khususnya usai beraktivitas di tempat umum, menggunakan masker ketika beraktivitas, dan menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.

Kemudian, biasakan untuk menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas di tempat umum.

5. Konsumsi suplemen

Agar daya tahan tubuh lebih terjaga, kamu bisa menambahkan asupan suplemen. Seperti diketahui, konsumsi suplemen penting bagi kesehatan kamu sekeluarga karena makanan sehari-hari yang dikonsumsu belum tentu dapat memenuhi kebutuhan gizi secara optimal.

“Mengonsumsi suplemen daya tahan tubuh dapat mengembalikan keseimbangan sistem imun yang terganggu akibat adanya penyakit atau infeksi,” ujar Product Manager dari Egoji, Anita Anastasia, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (24/9/2022).

Sebagai informasi, Egoji merupakan salah satu suplemen keluaran PT Novell Pharmaceutical. Suplemen ini memiliki kandungan lengkap dan berstandar internasional yang cocok untuk mempertahankan imunitas tubuh.

Saat ini, Egoji tersedia dalam berbagai bentuk, yaitu kapsul, sirup, dan gummy. Adapun Egoji kapsul dan sirup mengandung 4 ekstrak herbal berkhasiat, yaitu Echinacea yang berperan sebagai immunomodulator yang efektif menangkal radikal bebas.

Lalu, ada pula Phyllantus niruri (meniran) yang berperan sebagai immunomodulator sekaligus memperkuat daya tahan tubuh dan menjadi zat anti peradangan alami.

Kandungan lainnya adalah black elderberry untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak rentan terserang penyakit seperti flu dan membantu menjaga kestabilan kadar gula darah.

Terakhir, kandungan goji berry yang membantu meredakan stres, menghambat penuaan dini, dan meningkatkan kualitas tidur.

Egoji sirup juga memiliki rasa yang enak dengan dua varian rasa, yaitu anggur dan appleberry sehingga cocok dan disukai oleh anak-anak.

Adapun jenis gummy diformulasikan khusus untuk anak karena memiliki bentuk menarik menyerupai dinosaurus dengan lima varian rasa, yaitu strawberry, jeruk, blackcurrant, melon, dan leci.

Egoji gummy mengandung ekstrak goji berry serta vitamin A, B kompleks, C, D, E, dan zinc.

Dengan segala kandungannya, Egoji punya manfaat double protection dan immune booster untuk kesehatan kamu dan keluarga. Kamu bisa memesan Egoji secara praktis melalui official online store.

Nah itulah lima kiat untuk mempertahankan imunitas di musim pancaroba, yuk pastikan kamu dan keluarga hidup lebih sehat agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

https://health.kompas.com/read/2022/09/24/152202468/musim-pancaroba-datang-jaga-daya-tahan-tubuh-dengan-5-kiat-berikut

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke