Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Kunyit untuk Meredakan Demam pada Anak di Bawah 1 Tahun

KOMPAS.com - Demam merupakan gangguan kesehatan yang kerap menyerang bayi atau anak di bawah usia 1 tahun di musim hujan.

Bayi dikatakan mengalami demam apabila suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius atau lebih. Demam umumnya membuat bayi tidak nyaman, terlebih sering disertai dengan gejala berikut:

  1. pusing
  2. berkeringat
  3. kedinginan hingga menggigil
  4. kurang napsu makan
  5. lemas, lesu
  6. jarang buang air kecil atau volume urine berkurang

Demam memang cukup mengganggu si kecil, namun suhu tubuh anak biasanya akan kembali ke normal dalam tiga hari.

Tindakan awal saat bayi alami demam

Sebagai tindakan awal, para orangtua dapat mengurangi gejala anak dengan beberapa cara seperti:

  1. Kompres anak dengan air hangat atau biarkan si kecil berendam di air yang hangat
  2. Mencukupi kebutuhan cairan anak. Pada anak di bawah 6 bulan, tetap berikan ASI atau susu formula (sesuai kebutuhan bayi). Sementara, untuk anak di atas 6 bulan yang sudah MPASI dapat menambah cairan dengan konsumsi air putih, jus buah, atau buah-buahan segar.
  3. Jangan selimuti anak. Biarkan mereka tetap merasa sejuk dengan pakaian berbahan katun yang menyerap keringat
  4. Jaga suhu ruangan. Usahakan sirkulasi udara tetap lancar
  5. Siapkan makanan hangat, seperti sup ayam untuk bayi yang sudah MPASI.

Mengatasi demam pada anak dengan kunyit

Apabila tubuh si kecil masih panas, ayah dan ibu dapat mencoba bahan herbal untuk meredakan demam pada bayi. Bahan herbal yang dimaksud ialah kunyit.

Sebagaimana diketahui, kunyit merupakan rempah-rempah asal Indonesia yang memiliki kekhasan berupa warna oranye. Rimpang kunyit jamak digunakan oleh masyarakat sebagai bahan baku dalam pembuatan jamu.

Kunyit sering dijadikan obat-obatan herbal karena memiliki sifat antioksidan dan sejumlah senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain:

Dilansir dari ANTARA, Dr. (Cand) dr. Inggrid Tania, M. Si mengatakan orangtua bisa memilih kunyit sebagai bahan alami untuk meredakan demam.

Caranya cukup sederhana yaitu dengan mencampur seperdelapan atau seperempat sendok teh kunyit bubuk ke dalam ASI atau susu formula yang biasa diminum bayi.

"Pada anak yang sehat dapat dikonsumsi sekali sehari dengan tujuan memelihara kesehatan dan menguatkan daya tahan tubuh. Pembuktian secara empirik untuk keamanan dan khasiatnya," kata Inggrid Tania.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) itu juga menuturkan bahwa ramuan kunyit ini sudah terbukti aman.

Kontraindikasi hanya terjadi pada anak yang alergi dengan bahan, namun kasus alergi terhadap bahan herbal atau rempah dilaporkan sangat jarang terjadi.

Kendati demikian, ada baiknya untuk tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak saat ingin mencoba ramuan kunyit ini dan ketika bayi Anda mengalami demam lebih dari 3 hari.

https://health.kompas.com/read/2022/10/31/130100468/manfaat-kunyit-untuk-meredakan-demam-pada-anak-di-bawah-1-tahun

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke