Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa yang Terjadi Jika Tumor Tumbuh di Rahim Ibu Hamil?

KOMPAS.com - Kebanyakan wanita ketat menjaga kesehatan mereka selama masa kehamilan. Namun, apa yang terjadi jika ditemukan tumor di rahim ibu hamil?

Tumor jinak yang tumbuh di rahim wanita disebut juga sebagai fibroid atau mioma uteri.

Fibroid bisa sekecil kismis atau sebesar jeruk bali Seperti tumor lainnya, fibroid adalah daging tumbuh yang bersifat non-kanker.

Fibroid rahim atau mioma merupakan tumor yang tumbuh dari sel otot rahim wanita. Kondisi ini dapat terjadi saat wanita sedang hamil.

Tumor atau fibroid ini dapat muncul selama masa subur seorang wanita hingga pramenopause. Seorang wanita lebih berisiko mengalami kondisi ini karena faktor genetik, obesitas, atau masa awal pubertas.

Kebanyakan wanita tidak bergejala sehingga tidak tahu ada tumor jinak tumbuh di rahimnya sebelum melakukan USG. Sementara, beberapa wanita terutama yang sedang hamil, kemungkinan mengalami gejala berikut:

  1. Sakit punggung yang parah
  2. Perasaan sesak, nyeri, atau tekanan di perut bagian bawah
  3. Kram yang menyakitkan, mirip dengan kram menstruasi
  4. Lebih sering buang air kecil
  5. Sakit saat berhubungan seks
  6. Sembelit atau buang air besar yang menyakitkan, terutama jika fibroid memberikan banyak tekanan pada area usus

Tumor atau fibroid rahim yang berukuran sedang-besar memberi tekanan pada kandung kemih atau usus ibu hamil. Dalam hal ini, tumor umumnya mempersulit perkembangan kepala janin.

Mengutip Mayo Clinic, tumor yang tumbuh atau berkembang di rahim ibu hamil dapat mengakibatkan gangguan kehamilan hingga kondisi fatal berikut:

Mengatasi fibroid selama kehamilan

Umumnya, dokter tidak menganjurkan pengobatan fibroid rahim atau tumor jinak selama masa kehamilan. Jika terjadi gejala tertentu, dokter kemungkinan merekomendasikan pereda nyeri ringan, istirahat, dan hidrasi.

Perawatan baru dapat dilakukan setelah persalinan yaitu dengan operasi miomektomi atau histerektomi yang dilakukan tergantung pada ukuran, pertumbuhan, jumlah, dan tingkat keparahan fibroid.

https://health.kompas.com/read/2022/11/06/150000968/apa-yang-terjadi-jika-tumor-tumbuh-di-rahim-ibu-hamil-

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke