Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setuju! Sekolah Lebih Pagi

Kompas.com - 24/01/2008, 00:00 WIB

JAKARTA, RABU - Sejumlah guru dan siswa sekolah menyambut baik rencana pemerintah DKI yang akan memajukan jam belajar siswa di sekolah. Dengan jam belajar yang lebih pagi, mereka terhindar dari kemacetan, siswa dapat menerima pelajaran dengan pikiran segar. Sedangkan sekolah bisa memberi pelajaran dengan maksimal ke peserta didiknya.

"Setuju banget jam belajar lebih pagi," ucap guru SMAN 6, Bulungan, Suhendi, Rabu (23/1).

Gubernur Fauzi Bowo, Selasa, menyatakan, pemda sedang mengkaji rencana untuk mengubah waktu kegiatan masyarakat untuk mengurangi kemacetan. Perubahan itu mungkin akan dilakukan terhadap jam sekolah, dan jam kerja Pemda DKI. 

Menurut  Suhendi, bila siswa atau guru berangkat ke sekolah lebih pagi, perjalanan lebih lancar. "Pagi-pagi belum banyak kemacetan, fisik segar, pikiran juga segar," ucapnya.

Di SMAN 6, kata Suhendi, pelajaran sekolah dimulai pukul 06.55. Tapi, sekolah masih memberi toleransi bagi siswa yang telat hingga pukul 07.10. Bila, datang di atas jam 07.10, siswa tidak diperbolehkan masuk sekolah dan orangtuanya akan mendapat surat pemberitahuan dari sekolah.

"Setiap hari masih ada saja yang terlambat, bahkan rata-rata 10 orang yang tidak diperbolehkan masuk ke sekolah karena melewati batas toleransi," katanya.

Keterlambatan siswa itu umumnya disebabkan kemacetan atau bangun kesiangan. Keterlambatan bukan hanya terjadi pada siswa yang rumahnya jauh dari sekolah, seperti Bintaro, Depok, Bekasi, siswa yang tinggal di Jakarta juga banyak yang telat.

Bila pemerintah memberlakukan jam belajar lebih pagi, pukul 06.30 atau 06.45, Suhendi berharap siswanya tidak ada lagi yang mengalami kemacetan di jalan dan telat datang ke sekolah. "Kalau jam sekolah lebih pagi, pasti mereka berangkat dari rumah lebih pagi lagi dan tidak ada alasan macet di jalan," ucapnya.

Sudah lama

Di SMAN 28, Pasarminggu, jam belajar pukul 06.45 sudah diberlakukan sejak lama. Sehingga, jika pemerintah memajukan jam mulai belajar, bagi siswa sekolah ini tidak menjadi masalah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com