Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kimchi, Makanan Korea Kaya Probiotik

Kompas.com - 19/11/2008, 15:18 WIB

SEOUL, SENIN - Makanan khas Korea, kimchi, berupa sayur mayur yang pengolahannya secara tradisional, diperkenalkan sejak dini kepada anak-anak. Salah satu cara dengan mengajak anak-anak siswa taman bermain mengunjungi Museum Kimchi di Seoul.

Di museum yang sudah ada sejak tahun 1986, pengunjung bisa menyaksikan hampir 200 macam kimchi, melihat pembuatannya serta mencicipi kimchi.

Paling tidak, kata seorang petugas museum, sekitar 300 pengunjung yang didominasi pelajar, datang ke museum. Dengan mengunjungi museum, anak-anak juga diinformasikan manfaat kimchi bagi kesehatan, karena kimchi yang bisa disimpan selama enam bulan mengandung dua bakteria yakni bakteri Lactobacillius dan Leuconostoc.  Kedua bakteri ini berfungsi untuk memperlancar buang air besar.

"Anak-anak Korea cenderung tidak suka dengan kimchi karena rasanya asam. Mereka-anak-anak merasa kimchi aneh. Dengan mengajak ke museum serta memberikan penjelasan menyangkut manfaat, di harapkan kimchi menjadi makanan favorit," kata seorang petugas museum.

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com