Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia Tiga Bulan, Bayi Sudah Boleh Dipijat

Kompas.com - 26/11/2008, 10:06 WIB

TAK cuma orang dewasa yang bisa merasakan manfaat terapi pijat. Pijat juga bisa diberikan pada bayi, yakni yang usianya sudah di atas tiga bulan. Dari sisi medis, manfaat pijat bayi ini akan meningkatkan immunitas. Sebab, proses pemijatan akan meningkatkan sitotoksisitas atau sel pembunuh alami.

Selain itu, menurut Amendi Nasution, Kepala Divisi Pediatri Departemen Rehabilitasi Medik RSCM, plat pada bayi juga dapat memperbaiki sirkulasi darah dan pernafasan, meningkatkan kesiagaan (alert) dan membantu bayi tidur lelap.

Sebaiknya lakukan terapi piiat pada bayi secara rutin. Dengan minyak khusus, Anda bisa memijat bayi sehari sekali. Yang perlu diperhatikan, Anda harus mencari waktu yang tepat untuk pemijatan.

Amendi bilang, sebaiknya Anda tidak memijat bayi ketika baru selesai makan, saat kondisi kurang sehat, dan jangan paksakan posisi pijat tertentu pada bayi. (Tunggul Joko Pamungkas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com