Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.."

Kompas.com - 28/02/2009, 14:51 WIB

JAKARTA, SABTU — Jika suatu hari Anda mendapati lutut Anda menekuk dan sedikit melintir disertai bunyi "kretek, kretek..", waspadalah. Mungkin lutut Anda mengalami cedera karena sendinya rusak. 

Dr Franky Hartono, SpOT dari Siloam Hospitals mengatakan, kerja sendi lutut yang normal sama seperti gerakan engsel yang mulus tanpa suara. "Berbeda dengan sendi yang rusak, hampir sama dengan engsel rusak atau karatan sehingga berbunyi," ujar dr Franky dalam seminar bertajuk "Pinggang Kecetit dan Dengkul Kopong" di Jakarta, Sabtu (28/2).

Gangguan ini lebih sering dialami oleh perempuan daripada laki-laki dengan perbandingan 4:1.

Menurut dr Franky, kerusakan sendi ini disebut pula dengan dengkul kopong (Osteoarthritis). Osteoarthritis berbeda dengan Osteoporosis yang merupakan bentuk pengeroposan tulang. Biasanya identik dengan penyakit rhematik, pengapuran serta nyeri dan kaku. Akibatnya, timbul rasa tidak kuat untuk berjalan, cepat lelah, tidak bisa jongkok serta gampang jatuh.

"Tapi sebab utamanya biasanya karena cedera, seperti keseleo, akibat kerja terlalu berat, terjatuh atau melakukan olahraga yang berat," tutur dr Franky.

Tingkat kerusakan pun akan memengaruhi solusi pemulihannya. Dr Franky mengatakan, berbagai solusi mulai dari memperbaiki posisi tubuh dan pola makan pribadi hingga operasi dapat ditempuh karena umumnya cedera ringan lutut hanya membutuhkan istirahat dan penguatan otot dan sendi. "Tapi jangan sudah parah baru ke dokter. Sudah datang ke shinse, dukun urut, enggak berhasil, baru datang," tandas dr Franky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com