Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendalikan Kecanduan Makanan

Kompas.com - 19/09/2009, 09:58 WIB

KOMPAS.com - Menyukai satu atau dua jenis makanan, adalah hal biasa. Namun kita harus waspada jika kesukaan itu muncul setiap hari, meski sedang tidak lapar. Apalagi, bila tidak lagi bisa dikendalikan. Bisa jadi, itu adalah gejala kecanduan makanan.

Menurut dr.Susan Jewell dari UCLA School of Medicine, penyebab kecanduan makanan seringkali berkaitan dengan masalah psikologis, seperti kekecewaan yang berlebihan. Saat kita kecewa, otak memerintahkan tubuh mencari pelampiasan. Salah satu caranya adalah menyantap makanan manis.

Kendalikan dengan:
- Mengatasi gangguan emosi yang menjadi penyebabnya. "Langkah ini bisa dilakukan dengan bantuan orang terdekat atau psikolog," kata Gene-Jack Wang, MD, ilmuwan senior dari Brookhaven National Laboratory, Amerika Serikat.

- Penuhi kebutuhan gizi. Menurut Wang, salah satu penyebab ketagihan makanan adalah karena tubuh kita kekurangan zat gizi. Misalnya, ketika kekurangan potasium maka yang kita cari adalah keripik kentang atau sebuah pisang.

- Kurangi makanan pedas. John Prescott, peneliti dari Australia's National Research Organization mengungkapkan bahwa makanan pedas dapat merangsang hormon dopamin yang mendorong kita ketagihan makanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com