Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kinerja Menteri Tentukan Sukses MDGs

Kompas.com - 19/10/2009, 01:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tantangan pemerintahan lima tahun ke depan tidaklah mudah. Pemerintah yang akan berakhir pada 2014 di bawah kepemimpinan presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono ini dituntut mampu mensukseskan target pencapaian pembangunan milenium (MDGs).

"Target MDGs sangat berkaitan dengan kementerian," kata Salim Assegaf Al-Jufrie kepada para wartawan seusai tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Jakarta, Minggu (28/10).

Untuk itu, calon Kepala Bappenas ini mengusulkan pencapaian itu dimulai dari pencapaian target berjenjang. Mulai dengan target yang harus diselesaikan dalam 100 hari memerintah. Kemudian dilanjutkan dengan target pencapaian per tahun.

"Dan akhirnya setelah lima tahun apa yang seharusnya telah tercapai," ujar Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi merangkap Kesultanan Oman ini.

Lebih lanjut, Salim yang di PKS menjabat Ketua Dewan Syariah, mengungkapkan bahwa di Indonesia terdapat masalah kesejahteraan sosial hampir 40 juta, anak terlantar mendekati 3 juta, balita telantar 300.000, anak nakal 210.000, anak jalanan 110.000, dan orangtua telantar mendekati 2 juta.

"Jadi permasalah cukup banyak. Cukup komplit. Harusnya kita tertantang dan menjadi satu kewajiban untuk membenahi," ujar Salim.

Maka, sekalipun ia tidak menyebut menteri apa yang dipercayakan padanya, dengan mantap ia menekankan pentingnya membangun pondasi kesejahteraan sosial. Caranya adalah dengan budaya dan jati diri bangsa, yakni kesetiakawanan dan gotong royong. "Kalau itu terbangun, banyak masalah ke depan bisa terselesaikan. Peran pemuda bisa dimunculkan," demikian Salim Assegaf Al-Jufrie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com